Sekilas Tuan Rumah Piala Dunia 2010

Turnamen sepak bola Piala Dunia 2010 akan segera dapat kita nikmati. Afrika Selatan, sebuah negara yang dulunya terkenal dengan system apartheid dan Nelson Mandelanya kini mendapat kehormatan sebagai tuan rumah. Afrika Selatan dalam luas wilayah memang termasuk negara yang kecil. Namun negara bekas jajahan Inggris ini dalam beberapa tahun ke belakang pernah menjadi tuan rumah untuk even even olah raga besar sekelas internasional.

  • 1995: Piala Dunia Rugby
  • 2003: Cricket World Cup
  • 2005-2008: Kejuaraan Wanita Piala Dunia Golf
  • 2006: A1 GP Motorsport

Pertandingan Sepak Bola FIFA World Cup, tentu menjadi kebanggaan dan mendapat berkah keuntungan tersendiri sebagai tuan rumah. Disamping even ini dipastikan menarik perhatian milyaran pemirsa televisi bahkan lebih banyak daripada pemirsa Olimpiade.

Selama empat minggu berlangsung turnamen mulai 9 Juni 2010, Afrika Selatan tentu menjadi pusat perhatian dunia. Dalam sejarahnya, jumlah penonton/pemirsa paling banyak tercatat pada pengadaan Piala Dunia 2006 di Jerman. Nah, kali ini Afrika Selatan 2010 diprediksikan akan melampaui target tersebut. Bermilyar pasang mata diperkirakan akan khusuk menikmati turnamen bola Piala Dunia ini didepan televisi mereka, jutaan pengunjung dipastikan datang dari berbagai negara penjuru dunia, serta tak lupa utusan para jurnalis media olahraga yang tak mau ketinggalan dan meliput even terbesar ini.

Turnamen ini diproyeksikan akan mendatangkan keuntungan yang amat besar bagi negara Afrika Selatan. Setidaknya, sebanyak 129.000 pekerjaan akan tercipta, yang memberikan kontribusi pendapatan sekitar R21-miliar bagi produk domestik bruto (PDB) Afsel dan R7.2 miliar lagi berupa berbagai macam pajak untuk pemerintah. Tidak lupa dengan adanya kunjungan penonton / wisatawan yang membludak diharapkan mereka akan menghabiskan setidaknya R9.8-miliar selama turnamen berlangsung.

Namun, keuntungan secara tidak langsung akan memberikan pengaruh lebih besar lagi. Diharapkan perubahan persepsi dunia terhadap negara Afsel akan berubah lebih baik. Tidak hanya untuk Afrika Selatan saja, namun keseluruhan benua Afrika juga akan terkena imbas. Dan pastinya Piala Dunia yang sukses akan membantu mengubah kepercayaan sebagian besar investor asing yang akan menanam modal mereka disana.

Tinggalkan komentar