Sembilan Ilmuwan Mendapatkan Penghargaan Kavli

RadioLombok — Sembilan ilmuwan dianugrahi penghargaan Kavli untuk tahun 2014 berkat profesi mereka pada teori inflasi kosmik, mengembangkan jubah tak terlihat dengan menggunakan cahaya dan untuk penemuan jaringan otak khusus untuk memori dan kognisi.

Sejak 2008, Yayasan Kavli telah pemberian penghargaan setiap dua tahun sekali sebagai penghargaan terhadap kontribusi yang signifikan dari para ilmuwan di bidang astrofisika, nanoteknologi dan neuroscience.

Yayasan berbasis di Norwegia itu menyediakan hadiah penghargaan berupa uang tunai sebesar $ 1 juta atau setara 11,5 miliar rupiah dan juga medali emas.

Hadiah untuk bidang astrofisika dibagi tiga penerima yakni Alan Guth dari Massachusetts Institute of Technology di Cambridge, Linde dari Stanford University di Palo Alto, California dan Alexei Starobinsky dari Landau Institute for Theoritical Physics di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Tiga ilmuwan ini dihargai atas karya mereka pada teori inflasi kosmik.

Thomas Ebbesen dari Université Louis Pasteur di Paris, Stefan Neraka dari Institut Max Planck untuk Kimia Biofisik di Göttingen, Jerman, dan John Pendry dari Imperial College London berbagi hadiah $ 1 juta untuk kontribusi mereka di bidang nanosains. Ketiga ilmuwan ini berhasil membuktikan bahwa cahaya dapat berinteraksi dengan struktur nano yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya itu sendiri.

Untuk bidang neuroscience, hadiah Kavli diberikan kepada Brenda Milner dari McGill University di Montreal, John O’Keefe dari University College London dan Marcus Raichle di Washington University School of Medicine di St Louis, Missouri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s