NTB Salah Satu Pusat Produksi Kedelai Nasional

Warga Nusa Tenggara Barat (NTB) boleh berbangga hati, karna Pemerintah telah menetapkan Provinsi ini sebagai salah satu lumbung kedelai nasional. Hal ini karna potensi lahannya yang masih luas.

Seperti dikatakan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, penetapan NTB sebagai sentra produksi kedelai nasional dimaksukdan untuk mengejar target swasembada kedelai tahun 2014 mendatang. Disamping itu juga untuk mengulangi pencapaian swasembada kedelai yang pernah terjadi tahun 1992 lalu.

Mentan mengaharapkan NTB bisa memproduksi satu juta ton kedelai setiap tahun. “Untuk itu, pemerintah pusat akan mendukung penuh berbagai program yang dilaksanakan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mendongkrak produktivitas pertanian, khususnya untuk komoditi kedelai, ” kata Suswono saat mengikuti acara panen raya lahan kedelai seluas 70 hektar di Desa Sukarare Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah (Loteng), Minggu (29/9).

Saat ini, kata Mentan, kebutuhan kedelai nasional mencapai 2,5 juta ton per tahun, sementara produksi dalam negeri baru mencapai 700 ribu hingga 800 ribu ton. Sehingga Indonesia masih kekurangan sekitar 1,7 juta – 1,8 juta ton kedelai yang dipenuhi melalui impor.

Untuk itu, Pemerintah secara kontinyu mendorong berbagai daerah di Indonesia agar meningkatkan produksi kedelai. Dan Mentan berharap Pemprov NTB bisa mempertahankan luas area pertanian yang dimiliki.

“Pemerintah provinsi bersama dengan pemerintah kabupaten harus segera melakukan langkah konkrit. Salah satunya, dengan segera membuat peraturan daerah (perda) tentang lahan pertanian berkelanjutan yang bisa menjamin ketersediaan lahan pertanian dan melindungi lahan pertanian produktif dari alih fungsi lahan non pertanian,” kata Mentan, seperti dikutip dari laman Setkab (3/10).

Untuk mencapai target yang diinginkan secara maksimal, Mentan mengajak para petani di NTB untuk mengikuti sistem pengelolaan pertanian yang sistematik dan berbasis teknologi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s