BBM Naik, 30 Juta Warga Miskin Mungkin Dapat BLSM

Dengan adanya Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, diperkirakan akan menambah jumlah rakyat miskin di Indonesia.

Setidaknya demikian menurut anggota Komisi XI DPR Anna Muawanah, yang mengatakan meski ancaman kemiskinan ini baru sebatas kekhawatiran, namun saat ini DPR tengah mengkaji program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang diajukan pemerintah bagi 30 juta masyarakat kurang mampu.

Hal itu disampaikannya Anna usai menghadiri seminar Obligasi dan Jasa Keuangan (OJK) di Universitas Sunan Bonang, Tuban, Jawa Timur, Senin (3/6).

Anna menyatakan bahwa saat ini DPR tengah menggodok kebijakan BLSM dan juga bantuan lainya. Program tersebut sebagai solusi untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM yang rencananya akan diberlakukan pada pertengahan Juni 2013 ini.

BLSM, kata Anna, merupakan salah satu alternatif untuk membantu masyarakat kurang mampu jika memang harga BBM jadi dinaikkan.

Meski demikian, BLSM itu, katanya, hanya akan diberikan untuk warga miskin yang terindikasikan naik menjadi 30 juta orang sebagaimana yang dikhawatirkan pemerintah.

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan jumlah orang miskin pada tahun ini akan naik dari 10,5% menjadi 12,1%, yakni dari kisaran 26 juta orang menjadi 30 juta orang. Kenaikan ini akibat dampak kenaikan harga BBM bersubsi.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. semoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s