Gempat Iran Tewaskan Setidaknya 40 Orang

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter di perbatasan Iran telah menewaskan setidaknya 40 jiwa, Selasa (16/4). Efek goncangan kekuatan alam ini dilaporkan terasa hingga Pakistan dan India.

“Ini adalah gempa terbesar di Iran dalam 40 tahun terakhir dan kami memperkirakan ada ratusan kematian,” ujar seorang pejabat setempat yang namanya tidak disebutkan.

Stasiun TV negara Iran melaporkan, 40 orang tewas akibat gempa tersebut. Namun, belum ada pihak berwenang yang bersedia mengonfirmasi laporan tersebut.

Geological Survey AS (USGS) menyebut, pusat gempa di 201 km (125 mil) di bagian tenggara Zahedan, Iran, dan di 250 km bagian barat daya Turbat, Pakistan. Gempa terjadi pada pukul 10:44 GMT di kedalaman 15.2 km.

Seorang anggota Bulan Sabit Merah Mahmoud Mozaffar mengatakan, semua jaringan komunikasi di area gempa telah terputus. Pihaknya juga telah mengirim tim penyelamat ke area gempa.

“Sebagai respon dari gempa ini, lima tim evaluasi dari cabang Khash dan Saravan dikirim ke daerah itu untuk menilai kerusakan,”ujarnya.

Sementara itu, Kantor berita Iran, Fars mengabarkan, warga di Zahedan berhamburan ke jalan saat gempa menyerang. Fars juga melaporkan, tak ada kerusakan serius di Zehedan.

Gempa juga mengguncang Iran pada 9 April lalu. Gempa yang berkekuatan 6,3 itu berpusat di stasiun nuklir. Peristiwa itu menewaskan 37 orang, melukai 650 orang, dan meluluhlantakan dua desa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s