Mantan PM Inggris, ‘Wanita Besi’ Wafat karna Stroke

Mantan PM Inggris Margaret Thatcher telah meninggal dunia pada usia 87. Kepergiannya akibat terkena serangan stroke pada hari Senin, 8 April 2013. Thatcher akan dimakamkan di Katedral St Paul, dengan acara penghormatan secara militer.

Thatcher mulai memegang jabatan sebagai Perdana Menteri Inggris dari 1975 – 1990. Ibu dua anak dengan julukan ‘wanita besi’ atau ‘iron lady’ ini berasal dari Partai Konservatif. Margaret Thatcher dikenang sebagai wanita yang gigih melawan komunisme pada tahun 1980.

Dia pensiun dari dunia politik pada tahun 2002. Penampilannya di publik terlihat saat ia ulang tahun ke-85 pada Oktober 2010.

Thatcher – lahir pada bulan Oktober 1925. Ia berasal dari latar belakang keluarga sederhana penjual kelontong. Namun ia bangga dengan keadaannya. Dia belajar kemudian belajar dibidang kimia di Oxford, namun mulai aktif dalam politik sejak usia muda.

Wanita ini terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif pada tahun 1975. Saat itu, partainya merupakan oposisi.

Dia membuat sejarah empat tahun kemudian dengan mejabat perdana menteri tahun 1979.

"Margaret Thatcher seorang tokoh politik gemilang, pemimpin dengan pengaruh yang luas," kenang mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Margaret Thatcher merupakan perdana menteri wanita pertama dan terlama dalam masa dua abad terakhir di Inggris.

Mantan Presiden George W. Bush, dalam sebuah pernyataan, menyebut Thatcher sebagai pemimpin inspirasional yang berdiri pada prinsip dan dipandu bangsanya dengan keyakinan dan kejelasan.

"Perdana Menteri Thatcher adalah contoh besar kekuatan dan karakter, dan sekutu besar yang memperkuat hubungan khusus antara Inggris dan Amerika Serikat," kata Bush.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s