Pemilihan Paus Baru Akan Diadakan 12 Maret

Setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada Februari lalu, Kongregasi Umum Kolegium Kardinal sudah menentukan waktu untuk pemilihan Paus baru (konklaf) yang rencananya diadakan Selasa 12 Maret 2013.

Tradisi Konklaf diawali dengan melaksanakan misa di Basilika Santo Petrus pada pagi hari. Sedangkan pemilihan akan dimulai sore harinya.

Terdapat 115 kardinal pemilih dari seluruh dunia berkumpul di Kapel Pauline. Mereka berdoa memohon bimbingan Roh Kudus agar dapat memilih yang paling tepat. Dari ratusan kardinal pemilih ini sebagian besar berasal dari Eropa. Sisanya dari Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika, Asia, dan Oseania. Rata-rata para kardinal pemilih berusia 71 tahun, dimana yang diatas 80 tahun tidak diperbolehkan memilih.

Untuk sukses menjadi paus penerus ke-265 dari tahta Santo Petrus tersebut, seorang calon harus diharuskan memperoleh dukungan dua pertiga suara. Para kardinal pemilih akan disumpah untuk mengikuti aturan selama konklaf berlangsung, dimana salah satunya adalah tetap setia dan harus menjaga rahasia pemilihan Paus.

Kardinal Angelo Sodano Dean berperan sebagai pembaca rumusan sumpah. Setelah para kardinal mengambil sumpah, kemudian Pimpinan Upacara Kepausan, Bapa Uskup Mgr Guido Marini, akan meminta orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan konklaf untuk keluar dari Kapel Sistina.

Pemilihan berjalan tertutup, tak satupun komunikasi elektronik diperbolehkan digunakan. Konklaf ini biasanya berlangsung berhari-hari. Menurut catatan sejarahnya, terdapat 8 Konklaf yang pernah diadakan di abad ke-20, dan 3 di antaranya berjalan lebih dari tiga hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s