Air Laut Pasang 24 – 26 Januari, Waspada Banjir

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan terjadi pasang atau permukaan air laut akan meningkat pada tanggal 24 sampai 26 Januari. Air laut pasang tertinggi diperkirakan mencapai 1 meter.

“Kami mengecek data pasang tertinggi pada tanggal 24 sampai tanggal 26 Januari ini setinggi 1 m. Hari ini juga pasang 0,94 cm,” kata Humas BNPB Sutopo di Kementerian PU, Jakarta Selatan, Selasa (22/1).

Sutopo mengatakan bahwa pihaknya bersama BMKG terus memantau debit air yang masuk ke sungai. Dengan demikian bisa diketahui kemungkinan banjir yang akan terjadi.

“Kita memantau terus menerus perkembangan yang ada. Kita menempatkan BPPT untuk mengetahui daerah mana yang hujan, berapa besar masuk sungai. Kementerian PU juga terus memonitor permukaan air sehingga kita mengetahui daerah mana yang banjir,” lanjutnya.

BNPB juga tengah bersiap-siap menangani gelombang pasang tersebut. Meski ada jangka waktu tanggap darurat, namun antisipasi tetap dilakukan.

“Kesiapan yang penting, posko nasional akan bekerja sampai Maret. Meskipun tanggap darurat ditetapkan sampai tanggal 27. Posko nasional akan bekerja sampai Maret ketika sampai ancaman banjir di Jakarta berkurang,” tutupnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s