90 Ditangkap Terduga Pelaku Kekerasan di Sumbawa

Polisi telah menangkap sebanyak 90 orang yang diduga terlibat ketegangan di Sumbawa Selasa kemarin. Mereka sedang diperiksa oleh Kepolisian Resor setempat.

Ketegangan dan amuk massa terjadi di Jalan Baru, Kelurahan Umasima, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.

"Kita akan pilah mana yang ditetapkan tersangka dan mana saksi. Tapi sebagian besar yang diamankan diduga kuat pelaku aksi anarkis," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (23/1).

Menurut Boy, pihaknya masih mendata asal-usul dan latar belakang pekerjaan orang-orang yang ditahan. Polisi juga mendalami peranan masing-masing yang diduga menjadi provokator dan pelaku pengrusakan.

"Dalam 1×24 jam kita harapkan dapat ditentukan apakah terlibat langsung atau tidak," jelas Boy.

Selanjutnya Boy menjelaskan amuk massa terjadi karna kesalahpahaman terkait kematian Ariati, mahasiswi Universitas Sumbawa jurusan ekonomi semester 5, seorang pegawai pemerintahan di Sumbawa.

Berdasarkan informasi versi polisi, Ariati meninggal karena kecelakaan murni. Saat itu ia tengah berboncengan sepeda motor dengan kekasihnya, seorang anggota Polres Sumbawa Briptu I Gede Eka Suarjana. Namun isu yang berkembang menyatakan Ariati tewas setelah dianiaya dan diperkosa I Gede Eka.

Isu itu membuat keluarga Ariati tidak terima. Mereka diduga mengerahkan warga lain untuk melakukan aksi demo dan kekerasan. Tercatat jumlah masa sekitar 200 orang yang terlibat dalam aksi tersebut. Mereka merusak rumah, toko, hotel, dan fasilitas publik lain.

"Ada 12 rumah dirusak, 2 toko, sebuah hotel, dan ada juga pasar tradisional," jelas Boy.

Sebanyak 1.300 personel gabungan TNI-Polri diturunkan kelapangan guna meredam kerusuhan. Saat ini situasi dikatakan stabil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s