Komputer Akan Mirip Manusia Lima Tahun Kedepan

Menurut ketua divisi inovasi IBM, Bernard Meyerson memprediksi bahwa komputer dan manusia akan memiliki banyak kesamaan dalam waktu dekat.

Meyerson menulis pemikirannya pada sebuah posting blog pada hari Senin, 17 Desember 2012 yang meramalkan lima penemuan terbesar yang akan mengubah dunia setidaknya lima tahun ke depan.

Dasar pemikirannya adalah prihal konsep komputasi kognitif, atau mesin yang dapat belajar dari orang-orang yang menggunakannya dan "membantu kita berpikir." Ilmuwan IBM ini percaya dalam lima tahun ke depan, teknologi akan dapat membuat tiruan lima indra manusia dan digunakan sebagai input penting pada mesin. Sehingga komputer masa depan bisa mengambil keputusan sendiri layaknya seorang manusia hidup.

Namun ia juga menekankan bahwa komputer tidak akan mengambil alih dan menguasai dunia. Meyerson memberikan pandangan dalam bentuk simbiosis mutualisme dan kolaborasi bersama.

"Dalam era sistem kognitif, manusia dan mesin akan berkolaborasi untuk menghasilkan output yang lebih baik. Masing-masing membawa kelebihan sendiri sehingga bisa bekerjasama," katanya.

Dalam pandangan Meyerson itu, mesin yang lebih baik dapat membantu mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh kompleksitas dan keahlian yang terbatas sementara menawarkan jawaban murni dan objektif. Menambahkan kemampuan layaknya indra manusia ke komputer berarti orang bisa mengumpulkan dan memproses informasi lebih banyak tentang detail dan rincian pemandangan, selera, sentuhan, suara, dan aroma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s