Pemilu Jepang: Partai Demokrat Liberal (LDP) Menang

Partai Demokrat Liberal (LDP) memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan parlemen Jepang Minggu, 16 Desember 2012. Menurut jajak pendapat beberapa media menunjukkan pergeseran dalam pemerintahan selanjutnya dapat meningkatkan ketegangan dengan China.

Stasiun televisi NHK memproyeksikan bahwa LDP, sebuah partai konservatif yang memerintah Jepang untuk sebagian besar era pasca-Perang Dunia II sampai Pemilu 2009, menang antara 275 dan 300 kursi dari sebanyak 480 kursi. Hasil resmi diharapkan keluar pada Senin pagi.

Kemenangan hampir pasti berarti bahwa mantan Perdana Menteri hawkish Shinzo Abe akan mendapatkan kesempatan kedua untuk memimpin Jepang setelah bertugas satu tahun pada 2006-2007 yang berakhir dengan tiba-tiba karena penyakit pencernaan.

Meskipun LDP memiliki cukup kursi untuk memerintah sendiri, ia akan bermitra dengan Komeito, sebuah partai yang didukung Buddha, untuk membentuk pemerintahan koalisi, kata Yoshihide Suga, wakil sekretaris jenderal LDP. Bersama-sama, mereka akan mengendalikan sekitar 320 kursi.

Selama dua dekade, Jepang terjebak dalam kemerosotan ekonomi, dan kalah bersaing dengan China sebagai pemain ekonomi penting di kawasan ini, sehingga menyebabkan warga berbalik kembali ke LDP, yang memimpin Jepang selama beberapa dekade.

“Saya merasa LDP akan melindungi Jepang dan mengembalikan beberapa kebanggaan nasional,” kata Momoko Mihara, 31, setelah melakukan pemungutan suara untuk Demokrat Liberal di pinggiran sebelah barat kota Tokyo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s