Pakistan Blokir Facebook Terkait ‘Everybody Draw Muhammad Day’

Pemerintah Pakistan memerintahkan penyedia layanan Internet untuk memblokir Facebook pada hari Rabu ditengah kemarahan publik atas halaman sebuah group di facebook menamakan diri "Everybody Draw Muhammad Day" yang mendorong pengguna untuk mengirimkan gambar/karikatur dari Nabi Muhammad.

Halaman di situs jaringan sosial tersebut mendapatkan kritikan keras di Pakistan dan juga ditempat lain karena Islam mengharamkan setiap bentuk penggambaran nabi. Di kota Karachi, sekitar 2.000 siswa perempuan berunjuk rasa menuntut Facebook dilarang karena membiarkan group "Everybody Draw Muhammada Day" tetap eksis. Pemerintah mengambil keputusan setelah sekelompok pengacara Islam memenangkan tuntutan di pengadilan Rabu (19/5). Pada tuntutuan itu pemerintah Pakistan diminta memblokir Facebook sampai dengan tanggal 31 Mei 2010.

Serangkaian kartun nabi yang diterbitkan dalam surat kabar Denmark pada tahun 2005 memicu aksi protes dengan kekerasan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Pakistan, hal tersebut disertai ancaman pembunuhan terhadap kartunis.

"Dalam upaya untuk merespon kemarahan publik atas kontroversi Facebook, pemerintah Pakistan memerintahkan penyedia layanan Internet di negara itu untuk memblokir grup facebook tersebut", kata Khurram Ali, juru bicara Otoritas Telekomunikasi Pakistan dikutip AP.

Tetapi Forum Pengacara Islam Lahore meminta Pengadilan Tinggi pada hari Rabu memerintahkan pemerintah untuk memblokir Facebook sepenuhnya, kata deputi jaksa umum provinsi Punjab, Naveed Malik Inayat.

Masih menjadi pertanyaan apakah Pakistan akan sukses memblokir facebook. Di beberapa negara, seperti Cina, larangan secara permanen Facebook di berlakukan. Namun beberapa masih bisa menembus dan mengakses facebook dengan menggunakan server proxy dan cara lainnya.

Menteri Agama Pakistan, Hamid Saeed Kazmi, mengatakan larangan itu hanya solusi sementara dan menyarankan pemerintah menyelenggarakan konferensi bagi negara-negara Muslim untuk menemukan cara yang tepat dalam mencegah penerbitan gambar nabi.

Info Hot Lainnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s