Tujuh Modus Mafia Hukum di Padang

Info Hukum (scBS) • Menurut hasil penelitian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menemukan setidaknya tujuh modus mafia hukum di Kota Padang, Sumatra Barat. Adapun hasil temuan penelitian tersebut dilakukan selama dua bulan, sejak September sampai Oktober 2009.

“Metode penelitian yang kita lakukan itu adalah investigasi melalui monitoring dan wawancara langsung kepada responden, di mana respondennya diambil dari aparat penegak hukum, aparat pemerintah, pers, aktivis LSM dan masyarakat,” ungkap Vino Oktavia, Direktur LBH Padang, Kamis (15/4/2010).

Tujuh modus mafia hukum itu adalah, pada saat penerimaan laporan, adanya pemberian/permintaan uang agar laporan/pengaduan direspons dengan cepat atau sebaliknya.

“Penangkapan dan pelepasan pelaku tindak pidana. Hal ini ditemukan seperti pada kasus judi sabung ayam, uang diambil, pelaku dilepaskan kembali. Juga terjadi proses tawar-menawar dalam pelanggaran lalu lintas,” kata Vino.

Modus ketiga adalah dalam proses penyidikan dan penuntutan, lambatnya tindak lanjut perampungan penyidikan (pembuatan BAP). Juga pengaburan perkara melalui pasal yang dikenakan. Modus berikutnya penangguhan penahanan. Yakni. penyertaan uang bersama pemberian uang jaminan di mana akhirnya keduanya menjadi uang hilang.

“Modus kelima yang kami temukan yaitu dalam persidangan, seperti pengaturan majelis hakim dan panitera pengganti, mengubah berita acara persidangan, bantuan terhadap acara perpisahan/hajatan hakim/pegawai pengadilan. Modus keenam putusan, berupa pengabaian fakta persidangan, pembocoran isi putusan, memperlambat proses pengiriman putusan. Dan modus ketujuh adalah eksekusi dalam bentuk memperlambat/penundaan eksekusi,” terangnya.

Menurut Vino masalah ini kerap dialami oleh masyarakat yang terkait dengan kasus. "Ke depan ini akan kita upayakan dan adukan pada pihak berwenang," imbuhnya.[okezone]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s