2010: Pemerintah Angkat 140 Ribu Honorer Jadi PNS

Bagi tenaga honorer, tahun 2010 ini nampaknya akan menjadi momen yang teramat penting! Mengapa demikian? Simak berita berikut ini.

Pangkalpinang (ANTARA News) – Pemerintah pusat akan mengangkat 140 ribu tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. "Sejauh ini untuk tenaga honorer tidak terbendung lagi, di setiap daerah jumlah honorer terus bertambah, padahal untuk pengangkatan kuotanya terbatas," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Taufik Effendi, saat reses di Pangkalpinang, Minggu.

Menurut dia, untuk itu harus ada payung hukum yang akan mengatur masalah pengangkatan tenaga honorer ini. "Payung hukum ini membuat tiga kelompok honorer, yaitu honorer yang teranulir yang memenuhi syarat PP 48 dan 43, lalu honorer yang diangkat pejabat pemerintah yang berwenang dan dibayar oleh APBN dan yang ketiga honorer yang bukan diangkat oleh pejabat berwenang dan tidak dibayar oleh APBD maupun APBN," katanya.

Ia menambahkan, untuk tenaga honorer yang tidak mungkin diangkat, akan dilakukan pendekatan untuk menyamakan dengan yang diangkat melalui pendekatan untuk kesejahteraan.

"Untuk honorer yang tidak mungkin untuk diangkat menjadi PNS, akan dilakukan pendekatan untuk menyamakan dengan honorer yang diangkat menjadi PNS melalui pendekatan untuk kesejahteraan," ujar Taufik.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tersebut menjelaskan, definisi pegawai negeri adalah diangkat pejabat yang berwenang dibayar oleh APBD maupun APBN dan bekerja di instansi negeri.

"Jadi yang lain itu disesuaikan supaya Undang-undang yang mengatur itu kalau tidak terwadahi, maka pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kesejahteraan, baik penghasilan maupun jaminan hari tua," katanya.

Ia menambahkan, untuk Peraturan Pemerintah yang menjadi payung hukum tersebut, setelah reses ini akan dibahas di Komisi II DPR RI.

"Pembuatan PP merupakan sepenuhnya hak pemerintah dan DPR hanya memberikan masukan saja dan ini akan dibahas di Komisi II DPR RI," ujarnya. (KMN/K004/ANTARANEWS)

Iklan

20 Tanggapan

  1. mangkanye pak sby jangan banyak banyak ngangkat pegawai jadi susah sendiri.ujung ujungnya nambahi utang

  2. mohon agar tenaga kontrak daerah yang di angkat dr tahun 2006-2008 supaya diperhatikan nasibx.pengalaman kerja sudah cukup memenuhi persyaratan untuk di angkat menjadi CPNS pada tahun 2010 ini.
    bukankah tenaga kontrak daerah itu 90% adalah pnduduk lokal di daerah tsb..?
    jika penerimaan CPNS dibuka melalui jalur umum,malah yg dominan lulus adalah para pendatang dri daerah lain.sementara tnaga kontrak daerah yg hanya berijazah SMU sederajat,hanya mampu meratapi nasibnya yg tdk mampu bersaing dengan pelamar jalur umum yg berijazah S1,karena tdk bs digunakan.contohnya di kabupaten Sumbawa Barat.
    mohon hal ini diperhatikan oleh seluruh lembaga dan instansi terkait..
    atas perhatianx,saya haturkan banyak terima kasih.
    inilah jeritan hati kami..

  3. mohon janjix sgra di realisasikan dlm tahun 2010 ini.trutama tenaga honorer (kontrak daerah) yg di byr mlalui APBD..
    atas prhatianx..thanks..

  4. kapan di validasi honorer yg blum terangkat pak..? LEBIH CEPAT LEBIH BAIK…LANJUTKAN PAK SBY PROGRAMX…

  5. bangimana dengan nasib honorer yang diangkat tidak pada bulan januari 2005, sedangkan diangkat oleh pemerintah daerah ( Bupati ) pada awal bulan September 2005 dan juga di biayai langsung dari APBD kabuapten???? saya mohon, hal ini menjadi pertimbangan bagi bapak…..karena sampai sekarang kami terus mengabdi kepada negara/pemerintah.
    terima kasih.

  6. Alhamdulillah…..mudah2n aku termasuk slah satu yang diangkat MENJADI PNS..karena aku sudah honor sejak tahun 2005 yang lalu…tolong Bpak Mentri Agama Republik Indonesia…pikirkan kami….

  7. Wah kalo gitu aku masuk kriteria yang diangkat pertama donk… karena aku termasuk GTT teranulir dan honorku dari APBD mulai 2004. terima kasih yaaaa Pak, nasib kami akan diperhatikan . semoga ndak bohong…

  8. Saya GTT di SMK N.5 sungai penuh.kab.kerinci.jambi.berharap saya dan rekan segera diangkat.tks.

  9. Ya saya mendukung sekali apa yang dilakukan oleh bapak-bapak dari komisi II DPR RI yang telah menyuarakan aspirasi kami selaku guru honorer di Sd Negeri yang hanya mendapat honor 200 per bulan itu juga tidak rutin kadang 2 bahkan 3 bulan sekali kami terima, mungkin penderitaan kami akan terhapus apabila perjuangan dari Bapak2 komisi II DPR RI khususnya tentang nasib kami direalisasikan oleh pemerintah dengan mengangkat kami menjadi PNS, seperti apa yang telah dilakukan terhadap para guru bantu kemarin dengan pengangkatan otomatis, semoga jasa Bapak2 yang mulia dapat balasan dari Alloh SWT.

  10. ok…..saya tunggu janjinya itu…

  11. Semoga usaha pemerintah & dpr dapat menyelesaikan problem honorer dg tuntas….

  12. mohon nama saya jadi prioritas untuk diangkat cpns thn ini 2010, karena tingkat loyalitas kerja saya sudah trebukti sejak tahun 2000, trima kasih

  13. Semoga tidak hanya omong kosong ya pak?

  14. okelah kalo begitu..kt tunggu……………..

  15. BAYANGAN IMING 2 UNTUK MENJADI PNS BAGAIKAN MELIHAT FATAMORGANA DIGURUN SAHARA, SO KAWAN !!!!!
    JANGAN TERLALU BERHARAP, NANTI BIAR GAK SAKIT HATI N KECEWA PLUS MERANA

  16. syukur lah.. guru harus disejahterakan.. bukan gaji yg pas2an kyk gaji kuli.. 😀

  17. Sudah sewajarnya mereka para honorer itu di naikin “status updatenya” mjadi pegawai negeri. Semoga. Amin.

  18. salam kenal…..

  19. Iya tuch, moga aja bener kenyataannya. Jadi honorer sewajarnya tuk diangkat jadi PNS.

  20. semoga kesejahteraan plus PROFESIONALITASnya pun ikut meningkat amiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s