Beasiswa Pemerintah Italia (Kursus, S-1, S-2, S3)

Info Beasiswa (scBS) • Pemerintah Italia tahun 2010 menyiapkan beberapa jenis beasiswa bagi para pelajar atau mahasiswa Indonesia, mulai dari jenjang kursus, S-1, S-2 dan program S-3.

Adapun ketentuannya adalah:

  • Setiap pendaftar hanya diperbolehkan memilih salah satu universitas dan sekolah tinggi yang diakui oleh Pemerintah Italia.
  • Pendaftar tidak boleh memilih universitas asing, sekolah tinggi asing, dan pusat-pusat studi swasta yang tidak diakui oleh Pemerintah Italia.
  • Jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan antara lain Kursus Bahasa Jangka Pendek, Program Sarjana (S-1), Sekolah Tinggi Seni dan Musik, Pasca Sarjana, Program S-3, Penelitian, serta Kursus Bahasa untuk Dosen.

Catatan:

  • Program S-1, pemohon disarankan agar mendaftarkan diri pada program lainnya sebagai pilihan alternatif. Dengan tujuan agar kesempatan memperoleh beasiswa tidak hilang apabila pemohon tidak diterima pada suatu program.
  • Kursus Bahasa dan Kebudayaan Italia diperuntukkan bagi para dosen yang mengajar bahasa Italia. Beasiswa untuk kursus mengenai pembelajaran dan pengajaran bahasa Italia ini dilaksanakan di Università per Stranieri di Perugia, Siena dan Roma Tre atau pada institusi-institusi lain yang berhak mengeluarkan sertifikat pengajaran bahasa Italia sebagai bahasa asing.

Periode beasiswa pada semua program ini adalah untuk tahun akademik 2010-2011, sedangkan untuk Program Master (S-3) dapat diperpanjang sampai 31 Maret 2012.

Bagi yang tertarik, beberapa syarat utama bagi calon penerima beasiswa antara lain

  • Memiliki kemampuan berbahasa Italia melalui wawancara di Institut Kebudayaan Italia atau menunjukkan Sertifikat Bahasa Italia. Namun, syarat ini tidak akan berlaku untuk program kursus bahasa Italia.
  • Calon penerima beasiswa juga harus memiliki ijazah sesuai dengan yang diminta untuk pendaftaran pada institusi akademik yang dipilihnya. Ijazah pun harus diterjemahkan ke dalam bahasa Italia dan disahkan oleh perwakilan Pemerintah Italia di negara tempat studi dilakukan. Ijazah harus disertai surat pernyataan oleh Kedutaan Besar Italia terhadap nilai ijazah di negara tempat studi dilakukan.
  • Untuk pendaftaran pada Program Sarjana (S-1) di universitas-universitas di Italia, calon penerima beasiswa harus memiliki ijazah sekolah menengah umum atau sederajat, yang di negaranya dianggap sah untuk memasuki tingkat universitas.

Bila Anda beminat mengetahui informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini,

  • Silakan klik situs ini Pusat Kebudayaan Italia.
  • Informasi juga bisa didapatkan langsung di The Italian Institute of Culture (IIC) Jakarta di Jl HOS Cokroaminoto No 117, Menteng, Jakarta Pusat, 10350, telepon (021) 392-7531/392-7532.

Adapun batas waktu pengajuan permohonan beasiswa secara online hanya sampai 31 Maret 2010, sedangkan batas pengiriman berkas pengajuan permohonan beasiswa pada 10 April 2010.

Informasi Scholarship / Beasiswa Lainnya:

Informasi Kerja 2010: Maret, April, Mei. Good Luck… Semoga Sukses…. mendapatkan Beasiswa Pemerintah Italia

Iklan

Satu Tanggapan

  1. salam kenal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s