Biodata M Bloomberg, Anti Rokok Turunan Yahudi

M BloombergPengharaman rokok oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah mendapat dukungan besar dari organisasi anti rokok dunia, Bloomberg Initiative. Nah, inilah sekilas biodata pendiri organisasi luarnegeri tersebut, Michael Rubens Bloomberg, yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota New York, salah satu milyarder paling sukses di Amerika Serikat selama masa resesi ekonomi. [foto: wikipedia]

Bloomberg adalah pendiri dan pemilik sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan dan layanan informasi bisnis, Bloomberg LP. Berkat perusahaannya ini pula Michael Bloomberg berasil memiliki kekayaan sebesar  $ 16 milyar sehingga menjadikannya masuk salah seorang terkaya versi Forbes 2010..

Bloomberg, lahir pada tanggal 14 Februari 1942  (umur, 68 tahun). Ayahnya, William Henry Bloomberg, yang merupakan putra Alexander "Elick" Bloomberg, seorang agen real estat, imigran Yahudi Rusia. Sedangkan ibunya, Charlotte Bloomberg adalah putri seorang imigran Rusia.

Ia bersama keluarganya tinggal di lingkungan Bloomberg Allston di Boston sampai berumur dua tahun. Mereka kemudian pindah ke Atherton Road, di Brooklin, Massachusetts selama dua tahun, dan akhirnya menetap di Medford, pinggiran kota Boston. Disinilah Bloomberg tinggal sampai ia lulus kuliah.

Bloomberg masuk bangku kuliah di Johns Hopkins University dengan jurusan teknik elektro. Ia kemudian lulus pada tahun tahun 1964, dengan meraih gelar Bachelor of Science (BS). Tak lama kemudian ia melanjutkan kuliahnya dan mendapat gelar MBA dari Harvard Business School.

Bloomberg menikah dengan Susan Brown pada tahun 1975. Perkawinan mereka menghasilkan dua anak perempuan, Emma  dan Georgina. Kedua anaknya sempat menjadi bintang dalam sebuah film dokumenter  berjudul “Born Rich”, yang menceritakan  tentang kehidupan anak-anak yang terlahir sangat kaya.

Perkawinan Bloomberg dengan Susan Brown terakhir harus bercerai. Hal ini terutama diisukan  Bloomberg terlibat skandal cinta dengan Diana Taylor, seorang mantan pengawas perbankan di Bank New York.

Bagaimanakah Bloomberg sukses dan berkarier dalam bisnis? Mulanya, Bloomberg bekerja di Salomon Brothers, di mana ia sempat menduduki posisi sebagai kepala staf perdagangan ekuitas dan kemudian, sebagai kepala bagian system pengembangan.. Namun, pada tahun 1981, ia dipecat dari Salomon Brothers dan diberi pesangon $ 10 juta. Nah, dengan menggunakan uang ini, Bloomberg mendirikan sebuah perusahaan bernama Innovative Market Systems.

Pada tahun 1982, Merrill Lynch menjadi perusahaan pertama yang jadi pelanggannya, dengan berinvestasi sebesar $ 30 juta. Tahun 1986, Innovative Market Systems berganti nama menjadi Bloomberg LP. Setahun kemudian, pelanggannya makin membludak dan dalam ia mulai membuat produk tambahan termasuk diantaranya Bloomberg Tradebook (platform trading), Bloomberg Messaging Service, dan PR Wire Bloomberg.

Tahun 2009, perusahaannya telah memiliki lebih dari 250.000 terminal layanan informasi ke seluruh penjuru dunia. Disamping itu ia juga memiliki usaha berupa radio jaringan, yang saat ini memiliki stasiun utama bernama WBBR-1130 AM di New York.

Dikarnakan kekayaannya yang melimpah, hal itu sangat membantu karir politiknya. Tidak mengherankan setelah ia sukses sebagai walikota New York, Bloomberg mengaku hanya menerima gaji sebesar $ 1,00 per tahunnya. Bloomberg dianggap sangat dermawan, ia masuk filantropi dunia dengan memberikan sumbangan lebih dari US $ 300 juta ke Universitas Johns Hopkins. Sedangkan melalui yayasannya, Bloomberg Family Foundation, sumbangan meningkat tiap tahun. Di tahun 2004 ia menyumbang $ 138 juta, kemudian diikuti sebesar $ 144 juta pada tahun 2005, $ 165 juta pada tahun 2006, dan $ 205 juta pada 2007, membuatnya sebagai kontributor individual terbesar ketujuh untuk filantropi di Amerika Serikat untuk tahun 2007.

Pada tahun 2006 ia memberikan banyak sumbangan pada  kegiatan Kampanye Anak Bebas Rokok; Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit; Johns Hopkins Bloomberg School for Public Health; World Lung Foundation dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Pada tahun 2008, situs Bloomberg mengumumkan donasi gabungan sejumlah $ 500 juta dengan Bill Gates untuk membantu pemerintah di negara berkembang dalam upaya memerangi konsumsi rokok

Dan berikut ini adalah sederet penghargaan dan penghormatan yang diterima oleh Bloomberg.

  • Tahun 2003 – Bloomber menerima penghargaan "Award for Distinguished Leadership in Global Capital Markets" dari Yale School Manajemen.
  • Tahun 2007 – mendapatkan gelar kehormatan Doktor Pelayan Masyarakat dari Tufts University
  • Tahun 2007 – Bard College memberinya gelar kehormatan Doctor of Humane Letters.
  • Tahun 2007 – Menjadi nomor 39 orang paling berpengaruh di dunia
  • Tahun 2007 – mendapatkan penghargaan “Gotham Awards”, yang berbasis di kota New York sebagai salah satu penghargaan di bidang Film Independen.
  • Tahun 2008 – ia dianugerahi gelar doktor kehormatan dibidang hukum oleh University of Pennsylvania
  • Tahun 2008 – mendapat kehormatan “Barnard Medal of Distinction” dari Barnard College, Columbia University
  • November 2008 – Bloomberg menerima medali emas dalam peringatan Seratus Tahun kota New York atas dasar pengakuan atas kontribusinya yang besar terhadap Kota New York.
  • Mai  2009, ia menerima gelar doktorat kehormatan dibidang Humane Letters dari Universitas Fordham.
  • Pada tahun 2009, ia menerima Healthy Communities Leadership Award from Leadership for Healthy Communities, sebuah program Robert Wood Johnson Foundation, karena kebijakan dan program-programnya yang meningkatkan akses ke makanan sehat dan aktivitas fisik lainnya di kota New York.

Pada berbagai kesempatan, M Bloomberg seringkali dituduh melakukan pelecehan seksual di tempat kerja. Pada tahun 1997, seorang mantan karyawati Bloomberg LP diisukan hamil dan wanita itu mengajukan gugatan. Sementara pada bulan September 2007, EEOC mengajukan gugatan class action terhadap perusahaan Bloomberg atas kerugian sekelompok wanita yang bekerja pada perusahaan Bloomberg antara tahun 2002 sampai saat ini.

Tambahan lainnya, Bloomberg adalah seorang pendukung hak aborsi. Ia menyatakan: "Reproduksi adalah pilihan dasar hak asasi setiap manusia dan kita tidak punya hak untuk melarang mereka.” Iapun setuju terhadap bantuan pemerintah dalam membantu penelitian "embrio stem cell", artinya ia setuju untuk usaha kloning manusia yang banyak negara sangat menentangnya.

Disamping dukungannya terhadap pro kehidupan, ia pun menolak terhadap hukuman mati bagi narapidana. Ia berfikir lebih baik mereka dipaksa bekerja rodi sampai akhir hayatnya.  Tak kalah menariknya, Bloomberg membebaskan perkawinan antar sesama atau gay. [sumber: wikipedia]

Berita Terkait:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s