Perseteruan Sony Corp Vs Sony-AK

Memiliki sebuah nama yang sama atau mirip dengan brand produk terkenal, bisa jadi suatu ketika mendatangkan problematika. Seperti yang dialami oleh seorang blogger Indonesia yang bernama Sony  Arianto Kurniawan yang memiliki blog sony-ak.com. Iapun di somasi perusahaan elektronik Sony Corporation asal Jepang atas dasar melanggar merek dagang. Gugatan itu disampaikan melalui kuasa hukumnya di Indonesia.

Dalam surat somasi tersebut, Sony Corp meminta domain www.sony-ak.com dicabut oleh sang pemilik domain dan bila tidak, Sony Corp akan mengambil tindakan hukum seperti dikutip berikut:

Klien kami yakin bahwa penggunaan merek "SONY" dalam nama domain dan situs jaringan Saudara menimbulkan pandangan yang keliru kepada masyarakat dan memberikan kesan kepada publik bahwa nama doain atau situs jaringan Saudara adalah sama dengan nama-nama domain milik klien kami, padahal pada kenyataannya tidak sama. Pandangan yang keliru ini tentu saja dapat mengakibatkan kerugian bagi usaha dan nama baik klien kami.

Klien kami, SONY CORPORATION, sangat prihatin dengan kemungkinan pelanggaran merek "SONY" miliknya dan siap untuk melindungi hak-hak atas merekanya di Indonesia dan terhadap reputasi merek "SONY" miliknya. Klien kami, SONY CORPORATION, tidak pernah ragu untuk mengamil langkah-langkah hukum dalam menegakkan hak-hak atas mereknya dan tetap konsisten dalam mengambil tindakan terhadap setiap pelanggaran atas mereknya di Indonesia.

Menurut Sony, dikutip okezone.com, nama domain tersebut harus dipertahankan karena bagi dirinya pribadi, domain ini merupakan salah satu achievements dalam hidupnya dan hasil kerja yang dianggapnya memiliki nilai yang lebih dari nilai uang.

"Apalagi, saya telah membangun blog tersebut dalam kurun 6 sampai 7 tahun. Itu bukanlah waktu yang sedikit," jelas Sony.

Untuk menunjukkan niat baiknya, Sony AK pun langsung membuat notifikasi di bagian footer blognya, "Sony AK Knowledge Center is not related to or affiliated in any way with Sony Corporation Japan", yang menerangkan bahwa blog tersebut tidak memiliki afiliasi dengan Sony Corp Jepang.

Kasus menimpa blogger yang berhadapan dengan perusahaan karena masalah merek, seperti yang dialami Sony AK dengan Sony Corp, adalah kejadian pertama yang menimpa blogger di Indonesia. Karena kebanyakan yang terjadi di Indonesia adalah kasus cybersquatting, yang merupakan penyerobotan nama suatu merek tertentu dalam sebuah nama domain, yang biasanya digunakan untuk dijual lagi atau untuk memeras pihak-pihak tertentu dengan keuntungan yang sangat besar.

Sementara, jika diselami lebih jauh didalam blog Sony AK, blogger Indonesia ini tidak menuliskan konten-konten yang merugikan produk Sony, seperti menjelek-jelekan produk Sony dan sebagainya. Sehingga jelas tersirat bahwa Sony AK, mengelola blognya atas dasar berbagi ilmu yang dimiliki dan  memang tidak memiliki niatan buruk terhadap Sony Corporation. Perlu dicatat bahwa domain http://www.sony-ak.com/ diregister karena nama “Sony-AK” adalah singkatan dari Sony Arianto Kurniawan.

Rupanya, berbagai dukungan pun berdatangan terhadap Sony-AK. Seperti dicetuskan oleh  pengamat Cyberlaw Universitas Indonesia, Edmon Makarim, disitat okezone,  langkah Sony Arianto Kurniawan yang memberikan jawaban terhadap somasi Sony Corp dinilai sebagai langkah tepat. Hal itu bisa menjadi senjata untuk memenangi pertarungan jika hal ini di bawa ke ranah hukum. "Yang penting jawab saja dulu, karena itu baru somasi," katanya. Edmon menjelaskan lebih jauh, kemungkinan besar Sony AK akan menang.

Sedangkan menurut Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo, "Tindakan Sony Corp mensomasi blogger saya nilai berlebihan. Jika merujuk undang-undang informasi dan transaksi elektronik, apa yang dilakukan Sony sudah benar adanya. Sony sudah memakai nama asli dan tidak berniat negatif terhadap Sony Corp," ujarnya.

Tidak sampai disitu saja, perseteruan antara Sony Corp dan Sony-AK berbuah kemungkinan ancaman pemboikotan produk-produk Sony di Indonesia. Misalnya disitus jejaring sosial Facebook terbentuk sebuah grup dengan nama "Sony, Jangan Renggut Nama Temanku!". Sampai saat ini grup tersebut berhasil menjaring ribuan anggota. Mereka mendukung Sony-AK dan berusaha menyerukan pemboikotan atas produk produk elektronik Jepang tersebut.

Nah, bagaimanakah pendapat Anda tentang problematika Sony Corp vs Sony-AK?

Berita Lainnya:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s