Waduh! Gaji Pegawai Radio Kalahkan Gaji Menteri

BBC LogoLondon (scBS) • British Broadcasting Corporation (BBC) saat ini sedang diprotes besar besaran. Hal tersebut karna lembaga penyiaran Inggris itu dianggap tidak masuk akal dalam menggaji pegawainya. Seberapa besarkah gaji mereka?

Beberapa petinggi BBC disebutkan menerima gaji jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaji Perdana Menteri (PM) Inggris.

Menurut informasi dikutip The Sunday Telegraph, gaji PM Inggris Gordon Brown hanya sekitar 194.250 poundsterling atau kurang lebih sekitar Rp3 miliar per tahun bila kurs 1 pound sebesar Rp15.000. Namun BBC menggaji 382 pegawainya lebih dari 100.000 pounds dan 58 di antaranya menerima gaji melebihi Perdana Menteri.

Dalam daftar 100 gaji pagawai BBC yang diperoleh The Sunday Telegraph menunjukkan bahwa jumlah total penerima gaji tinggi di BBC setara dengan biaya yang dibayar 400 ribu untuk mendapat lisensi menerima siaran BBC. Sayangnya, BBC menolak mengungkapkan nama-nama penerima gaji tinggi itu, ataupun memberi alasan untuk mengabsahkan pembayaran gaji yang tinggi.

Rupanya PM Gordon Brown tidak mau tinggal diam setelah membaca rilis tersebut. Ia pun memanggil semua lembaga yang didanai publik, termasuk BBC, untuk memperolah nama-nama staf yang digaji di atas 150.000 poundsterling.

BBC sendiri mengeluarkan daftar klasifikasi gaji untuk 384 pekerja untuk selama tahun 2009. Direkap gaji itu terdapat pengelompokan gaji yang dibayar di bawah 100.000 poundsterling per tahun, antara 100.000 hingga 130.000 pounsterling, antara 130.000 hingga 159.999 poundsterling, dan ada yang digaji lebih dari 160.000 poundsterling.

Dari daftar itu, yang jelas penerima gaji terbesar adalah Mark Thompson, yang memegang jabatan sebagai Direktur Utama BBC. Sebagai pemegang pucuk pimpinan ia menerima 664.000 poundsterling, sedangkan Mark Byford sebagai Wakil Dirut, ia menerima 471.000 poundsterling.

Wah! Ternyata enaknya bekerja di radio BBC.

Informasi Terkait:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s