Inilah Sri Parmini, Brigadir Jenderal Wanita Indonesia Terbaru

Sri ParminiRuang Inspirasi (scBS) • Inilah Sri Parmini, seorang Brigadir jendral TNI AD yang baru saja dilantik sebagai staf ahli tingkat II kawasan Eropa dan Amerika Serikat staf ahli bidang hubungan internasional. Sejak dilantik menjadi brigadir jenderal (Brigjen) perwira staf ahli tingkat II menjadikan Sri Parmini menjadi wanita ketiga di TNI Angkatan Darat yang meraih pangkat perwira bintang satu atau brigadir jenderal. Dua wanita lainnya adalah Herawati dan Kartini.

Saat ini Sri Parmini memiliki ruang kerja di Mabes TNI Angkatan Darat di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur.

Sri Parmini atau yang biasa dipanggil dengan Sri, terlahir di Boyolali, 54 tahun silam. Latar belakang keluarganya bukan berasal dari kalangan militer. Bapaknya seorang guru SD, sedangkan ibunya seorang rumah tangga dan pedagang hasil bumi.

Sri Parmini menghabiskan masa kecil sampai tumbuh remaja di kota Boyolali. Kemudian ia menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Pendidikan Sosial Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo.

Tak lama kemudian ia melamar menjadi Kowad (Korps Wanita untuk Angkatan Darat) untuk kebutuhan wamil (wajib militer) walaupun waktu itu Sri sedang menunggu diwisuda. Namun ia nekat untuk tetap melangkah. Setelah menyelesaikan rangkaian tes akhirnya Sri pun lulus. Ia kemudian menjalani wajib militer dan dididik di Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat (Pusdikowad), Bandung. Berbagai pengalaman ia lalui mengingat tantangan yang lebih besar dialami wanita dalam kemiliteran yang kebanyakan di lingkungan pria.

Sesudah resmi diterima dan menjalani kariernya di TNI AD, pangkat Sri Parmini terus berkembang. Awalnya dari letnan satu pada tahun (1981), kapten (1987), mayor (1993), letnan kolonel (1996), kolonel (2001), dan terakhir brigjen (2010).

Lebih hebatnya, sambil bekerja, Sri masih sempat melanjutkan pendidikannya (S-2) hingga meraih gelar magister manajemen. Berkat kerja keras dan semangatnya untuk terus maju inilah Sri Parmini akhirnya mendapatkan kepercayaan seperti sekarang.

Nah… kita tunggu kemajuan kemajuan wanita lainnya…

Informasi Terkait:

Iklan

3 Tanggapan

  1. Sa;ut pada ibu brigjen, mohon info bagi mahasiswa yang masih kuliah mau imasuk bea siswa caranya gimana bu

  2. Selamat ya..Ibu Komandan……….sukses selalu.
    Bagaimana dengan srikandi-srikandi Indonesia lainnya..???,
    Mau ngak jadi Jendral kayak Ibu Brigjen. Sri Parmini …..??? pasti mau ya……..???

  3. Salut untuk Ibu Brigjen..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s