Kebakaran Rumah Kos di Medan

Medan (scBS) — Setidaknya 20 unit kamar kos di Medan, Sumatera Utara hangus terbakar. Kebakaran itu berlokasi di di Jalan Kapten Muslim, Medan Helvetia, Sabtu (6/2/2010) sore. Untungnya kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Awalnya api terlihat dari sebuah kamar kosong di lantai dua. Kemudian dengan cepat menjalar ke kamar lainnya," ujar pemilik kos-kosan, Nurzaihan di lokasi.

Pengaruh angin kencang membuat api dengan cepat merambat ke seluruh bangunan rumah kos berlantai dua tersebut. Ditambah dengan material bangunan kamar tersebut yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Sekitar dua jam kemudian, si jago merah baru dapat dijinakkan. Petugas pemadam kebakaran sendiri sempat kesulitan memasuki lokasi kebakaran karena jalan masuknya yang sempit.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan seorang penghuni kamar kos mengalami keracunan asap. Korban terlambat keluar dari bangunan rumah kos tersebut. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara itu, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun menurut dugaan sementara, kobaran api muncul akibat hubungan pendek arus listrik di lantai dua rumah kos tersebut. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sebelumnya, didaerah lain, kebakaran serupa terjadi pada rumah kos yang dihuni mahasiswa di Jl Sakura IV, Gang 7 Nomor 6, Gomong, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu sekitar pukul 10.30 Wita. Insiden kebakaran yang menghanguskan lebih dari lima kamar kos itu tidak menelan korban jiwa karena saat peristiwa itu terjadi, semua penghuni kamar kos tengah berada di luar rumah.

Api yang menjalar di rumah kos itu dapat segera dipadamkan oleh kru pemadam kebakaran Kota Mataram yang terjun ke lokasi dengan empat truk pemadam kebakaran.

Warga setempat juga terlihat agresif memadamkan kobaran api karena lokasi kebakaran berada di tengah permukiman padat penduduk, hingga api tidak sempat menjalar ke rumah tetangga.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian mengatakan, api diduga bersumber dari kamar bagian belakang rumah kos yang sejak dua bulan terakhir ini jarang dihuni.

Posisi kamar bagian belakang itu jauh dari meteran listrik sehingga mencuat asumsi bukan karena hubungan arus pendek listrik atau karena kelalaian manusia sebagai salah satu kemungkinan penyebab kebakaran.

Rumah kos yang dilalap api itu merupakan milik warga keturunan yang berdomisili di Kecamatan Cakranegara dan jarang meninjau rumah kos yang dihuni para mahasiswa itu. Kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s