Gebrak Karier Dari Nol

Tips Karir (scBS): — Kejenuhan menjalani karir dan pekerjaan seputar yang itu itu saja seringkali terjadi. Apalagi bila pekerjaan tersebut tidak lagi mendatangkan tantangan dan kepuasan untuk Anda. Nah, wajar saja dan tidak ada salahnya bila Anda berencana untuk mengubah alur untuk menuju karier yang Anda impikan.

Bila Anda tidak lagi ragu untuk melaksanakan niat diatas, berikut adalah tips dari Suze Orman, seorang ahli keuangan yang dipercaya Oprah Winfrey.  Penjelasan dibawah dikutip kompas edisi 3/2/2010. Mari kita simak satu persatu.

1. Pikirkan karier, bukan pekerjaan jangka pendek

Ubah cara pikir Anda tentang pekerjaan yang Anda tekuni. Jangan hanya berpikir pekerjaan yang sedang Anda kerjakan sebagai pekerjaan jangka pendek. Cobalah untuk berpikir ke depan dan jangka panjangnya, sebagai karier. Ketika memikirkan karier, Anda akan memperhitungkannya tak hanya sebagai mimpi, gol, atau cara untuk menghidupi Anda dari hari ke hari. Anda akan mulai memikirkan karier sebagai jalan hidup dan pekerjaan Anda lebih fokus.

2. Menghadapi kegagalan dan membangun

Mereka yang berhasil ada di puncak teratas, pasti pernah mengalami kegagalan, dan mereka bisa menggunakan kegagalan itu sebagai tangga menuju puncak. Pelajarilah kegagalan-kegagalan yang Anda hadapi, tantang diri Anda untuk selangkah lebih maju, dan fokus kepada visi jangka panjang. Ekspektasikan bahwa Anda akan harus bersakit-sakit dahulu sebelum bisa mencapai tujuan Anda. Karena, segala yang baik jarang datang dengan mudah.

3. Pastikan pilihan Anda membawa ke arah yang benar

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti kuliah/kursus, atau berhenti bekerja, atau menerima promosi, atau mendapatkan klien baru, tanyakan baik-baik pada diri Anda bahwa keputusan itu akan membawa Anda selangkah lebih dekat ke gol jangka panjang karier Anda. Hindari keinginan untuk mengabaikan kebutuhan Anda agar bisa menyenangkan orang lain (orangtua, teman, kekasih). Kelilingi diri Anda dengan wanita-wanita mandiri yang gigih mendapatkan keinginan mereka, dan mereka akan membantu Anda menguatkan diri.

4. Ciptakan tabungan cadangan

Jika pekerjaan baru Anda mengharuskan Anda kembali ke sekolah, atau mengambil pekerjaan paruh waktu, cobalah menyisihkan waktu untuk menciptakan tabungan cadangan untuk membantu Anda menghadapi transisinya. Ketika Anda meninggalkan pekerjaan yang tak Anda sukai, hal terakhir yang ingin Anda hadapi adalah stres finansial. Jadi, sebelum melakukan tindakan yang Anda tahu akan mengeluarkan uang, pastikan Anda punya dana cadangan.

5. Targetkan kesempatan yang tepat, bukan untuk uang

Pekerjaan yang tepat, di perusahaan yang tepat, di bidang yang tepat adalah gol terdekat Anda. Ikuti keinginan terdalam Anda. Akan ada banyak kesempatan untuk mencari uang di masa depan. Tentunya jika Anda tidak memiliki kesulitan keuangan.

6. Jangan bergantung pada internet

Jika Anda memposting resume Anda di situs pencari pekerjaan, maka dengan sangat mudah, resume Anda akan terabaikan begitu saja. Jika Anda sudah mengetahui posisi, perusahaan, dan bidang yang Anda incar, cobalah datangi dan bicara langsung, jika memang ada lowongan di sana. Komputer memang bagus sebagai alat untuk riset, namun untuk mengubah nasib, butuh interaksi tatap muka.

INDEX BLOG SCBS: Artikel Tentang Dunia Kerja, Gaji, Tunjangan, serta Artikel Pengembangan Diri Dalam Hunting Pekerjaan

INDEX BLOG SCBS: Kumpulan berbagai macam Tips dan Tutorial

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s