Wah! Malaysia Temukan Mesin Wudhu Berteknologi Tinggi

Mesin Wudhu: foto ReutersKuala Lumpur (scBS) — AACE Technologies, sebuah perusahaan asal Malaysia berhasil menemukan sebuah mesin yang dipakai untuk berwudhu’. Perusahaan itu mengklaim, mesin ini akan membantu umat Muslim menyucikan diri dari hadast kecil. Mesin ini mampu mengefisienkan penggunaan air agar tetap irit karna dilengkapi dengan sensor otomatis dan cekungan untuk mengurangi penggunaan air secara berlebihan.

Penemu mesin itu, menargetkan pembelian dari negara-negara kaya di Afrika dan Timur Tengah. Didaerah ini, populasi umat Islam diperkirakan sebanyak 1.7 milyar orang. Seperti diketahui bahwa daerah tersebut jumlah persediaan air sangat terbatas. Dengan demikian, keduanya merupakan pangsa pasar yang potensial. Mesin-mesin itu akan tersedia dalam enam bulan ke depan dengan harga satuanya antara $3.000 – $4.000.

"Mengirit air merupakan motivasi bagi orang untuk menggunakan sistem ini daripada metode konvensional, di mana ada banyak air terbuang percuma," kata Direktur AACE, Anthony Gomez, kepada wartawan saat peluncuran produk di Kuala Lumpur.

Mesin wudhu’ tersebut dilengkapi dengan rekaman ayat-ayat suci Alquran. Dalam sekali proses wudhu’, mesin ini hanya menggunakan 1,3 liter (0,3 galon) air terang Gomez.

"Selama pelaksaan ibadah haji, dua juta orang menggunakan 50 juta liter air per hari untuk wudhu. Jika mereka mnggunakan mesin ini, mereka dapat mengirit 40 juta liter per hari," katanya.

Mesin ini ternyata mendapatkan sambutan baik diluar negeri. Dubai contohnya telah menyatakan minatnya untuk menggunakan produk itu di bandara, kata Gomez, seraya menambahkan bahwa mesin itu telah dikembangkan selama 2 tahun dan telah menghabiskan biaya $2,5 juta.

Selain itu, AACE juga menargetkan masjid dan kantor dengan model-model baru yang dapat dipasang pada dinding per kelompok ada enam buah.

Pro-kontra atas penggunaan mesin wudhu berteknologi tinggi dan mahal di Malaysia ini pun mencuat.

"Gagasan itu baik dan dibangun sesuai dengan ajaran Islam. Tapi air di negeri ini murah, sehingga masih belum ada kebutuhan untuk memiliki mesin ini," ungkap seorang pekerja kantoran yang bernama Aminuddin kepada Reuters.

Sementara Azman Mohamed Noor, seorang turis dari Singapura, yang memiliki persediaan air sedikit, mengatakan, mesin itu akan membantu melestarikan sumber daya alam.

"Tidak ada yang mustahil. Tentu saja kita mencoba cara-cara dan penemuan produk baru yang dapat menyelamatkan umat manusia. Penemuan yang dapat menyelamatkan alam," katanya.

Iklan

4 Tanggapan

  1. satu kata ”hebat”
    namun sayang,
    kenapa gak orang
    indonesia yang menciptakan??

    suata kehormatan
    atas kunjungan anda
    yang notabene blog ini selalu ngetop.
    thank’s kunjunganya
    di kedai kami
    Heboh !! Ibu hamil muda mengeluarkan sapi !! ajaib
    thank’s sobat

  2. Konservasi sumberdaya alam. terutama air sepertinya akan menjadi isue di masa depan. memadukan Teknologi, Konservasi, dan Agama, merupakan satu ide yang cukup briliant. Produk ini sangat cocok untuk negara-negara timur tengah, dimana air menjadi salahsatu isu penting.

    Salam Sahabat

  3. Iya gan, masih kemahalan 30 sd 40 juta per unit. Mending uangnya dipake beli rumah :-). Tapi bagi orang kaya timur tengah mungkin tidak seberapa.

  4. harganya mahal juga yak…

    btw, penemuan nya sangat canggih gan.. semoga bisa menambah keimanan dan keislaman kita…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s