Amankan Demo, 1.800 Polisi Surabaya Dikerahkan

Surabaya (scBS) – Dalam rangka mengamankan demonstrasi dua kubu (PRO dan KONTRA) memperingati 100 hari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini di Surabaya, kedua masa kubu akan dipisah sesuai waktunya. Sebanyak 1.800 personel pengaman dikerahkan jajaran Polwiltabes Surabaya.

Menurut Kabag Bina Mitra Polwiltabes Surabaya AKBP Sri Setyo Rahayu, menjelaskan, awalnya unjuk rasa dua kelompok massa beda kepentingan itu sempat akan berlangsung di waktu dan tempat yang sama.

“Massa Laskar Cinta SBY (LCS) mengajukan pemberitahuan unjuk rasa berlangsung pagi hari, bersamaan dengan massa sejumlah komponen masyarakat lain yang kontra-SBY. Tapi kami mendapat pemberitahuan dari LCS, bahwa waktu unjuk rasa mereka diundur menjadi pukul 16.00 WIB,” ujarnya, di Mapolwiltabes, Jalan Sikatan, Surabaya, Rabu (27/01/2010).

Dia menyatakan, massa kontra-SBY yang jumlahnya lebih banyak rencananya akan melakukan unjuk rasa di tiga titik, yakni Gedung DPRD Jawa Timur, kantor Gubernur Jatim, dan Gedung Negara Grahadi, Jalan Pemuda.

Rahayu melanjutkan, di antara kelompok kontra-SBY yang bakal berunjuk rasa adalah SPSI, SPN, BEM Suramadu, Kelompok Cipayung (HMI, KAMMI, PMII, PMKRI), dan PRD.

Sebagai antisipasi aksi unjuk rasa besar-besaran tersebut, jajaran Polwiltabes Surabaya telah menyiagakan pasukan pengaman. “Kita akan siagakan 1.800 personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut,”katanya.

Dia menambahkan, jumlah personel terbesar akan ditempatkan di Gedung DPRD Jawa Timur. “Di Gedung DPRD Jatim, kita akan tempatkan 1.000 personel. Lalu di kantor Gubernur sebanyak 500 personel dan di Gedung Grahadi sebanyak 250 personel,” tandasnya..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s