Besok, 40 Ribu Buruh Berunjuk Rasa

Jakarta (scBS): — Puluhan serikat buruh dan pekerja, akan berunjukrasa besok Kamis (28/1) bertepatan dengan 100 hari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono. Diperkirakan sebanyak 40 ribu orang turut ambil bagian dalam demo besar besaran tersebut.

"Kami akan terus melakukan aksi demo sampai tuntutan terpenuhi," kata Bambang Wirahyoso selaku Koordinator Komite Aksi Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Jakarta, Selasa kemarin.

Menurut Bambang sejumlah tuntutan bakal disuarakan dalam demonstrasi itu. Diantaranya, meminta perombakan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban pemerintah atas kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat.

"Kabinet Indonesia Bersatu jilid II seakan tidak sedang sibuk melakukan agenda prioritas seratus hari dalam rangka memperbaiki ekonomi masyarakat," katanya.

Tuntutan lainnya adalah terkait masalah ketenagakerjaan, menuntut penghentian kerja kontrak, mendesak upah yang layak, kesehatan gratis, turunkan harga sembako, dan pendidikan gratis sampai tingkat SLTA.

Menurut Bambang, kebijakan pemerintah terkesan neoliberal dan kian menunjukkan sebagai kaki tangan kapitalis dengan dalih membangun ekonomi, mengatasi pengangguran, dan mengentaskan kemiskinan.

Ia juga menyinggung masalah perjanjian perdagangan bebas yang mengakibatkan terbunuhnya perekonomian domestik dan membuat banyak perusahaan nasional gulung tikar karena tidak siap bersaing sehingga para buruh dan pekerja terkena pemutusan hubungan kerja, katanya.

"Jika masih bekerja pun diupah murah dan ditindas dengan sistem kontrak," katanya menambahkan.

Bambang menegaskan bahwa komite akan berunjuk rasa di kawasan silang Monas dan depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, secara tertib dan damai serta menolak bentuk-bentuk anarki.

Inilah unsur unsur buruh yang ikut serta dalam unjuk rasa itu:

1
ASPEK Indonesia 14 SB NESTLE Indonesia
2
GASPERMINDO 15 FNPBI
3
LEM SPSI 16 FASBIINDO
4
SPTSK KSPSI 17 SBNSK
5
KEP KSPI 18 SPOI
6
SBSI 92 19 SPNI
7
KEP KSPSI 20 SBRI
8
RTMM 21 SBTNI
9
KSPSI 22 SBTPI
10
GARTEKS 23 SPO
11
KSBSI 24 SB-API
12
FARKES Reformasi 25 KOSBI
13
FSPSMI 26 GOPSI.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Djoko Suyanto, mengatakan pemerintah akan mengantisipasi aksi unjukrasa 100 Hari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, yang dilakukan kelompok "Petisi 28".

"Seperti biasa, pengaman tetap tidak under estimate. Tetap dilaksanakan, diantisipasi tidak rusuh, tidak langgar ketertiban, langgar aturan, jangan sampai ada bentrokan, jangan sampai terjadi apa-apa," katanya, Senin.

Suyanto menegaskan, aksi unjuk rasa adalah wujud ekspresi demokrasi, selalu diberikan peluang, tetapi dengan catatan harus menghargai aktivitas masyarakat lain.

"Rambunya ketertiban, keamanan dan kegiatan lain masyarakat tetap terjaga. Silakan dilaksanakan asal aman, tertib, damai, tidak ada pengerusakan, silakan," ujarnya.

Sementara itu, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro mengatakan, situasi keamanan Ibukota dan sekitarnya menjelang aksi unjukrasa, relatif kondusif.

"Hingga kini masih aman, kondusif dan belum ada peningkatan status keamanan. Kita sangat menyayangkan apabila hal ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Pangdam mengakui, meski ada indikasi aksi tersebut terjadi tidak aman, namun tetap diharapkan aman. Keamanan bukan hanya fungsi aparat tapi semuanya. "Namanya kemungkinan kan ada saja. Bisa saja terjadi, kita harap aman," tutur Darpito.

Iklan

2 Tanggapan

  1. klu bsa tambh jngan 4000 klu bsa sampe 10000 orang klu ngk di demo pasti begitu-begitu trus.

  2. moga-moga demonya damai.
    ayo segera ikuti kontes angka unik visit my blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s