Universitas Tanjungpura Siapkan 330 Beasiswa

Pontianak (scBS): — Mulai tahun akademik 2010/2011, sebanyak 330 mahasiswa akan memperoleh beasiswa penuh. Beasiswa ini diberikan melalui jalur pembangunan masyarakat selama 4 tahun di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

Menurut Pembantu Rektor I Untan Pontianak Saeri Sagiman di Pontianak, dikutip kompas Senin (25/1/2010) mengatakan, beasiswa penuh tersebut meliputi pembebasan biaya sumbangan pendidikan, administrasi, transportasi dari dan ke Untan, serta biaya hidup untuk menyelesaikan sarjana.

"Beasiswa itu diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik tinggi namun berasal di daerah terpencil dan atau berasal dari keluarga miskin," kata Saeri.

Calon mahasiswa yang mendapat beasiswa itu disebar di 32 program studi kecuali Pendidikan Dokter, Farmasi, Sistem Komputer, Ilmu Pemerintahan, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, dan Ilmu Keperawatan.

Sedangkan sumber pembiayaan beasiswa didapatkan dari tiga program, yakni Beasiswa Bidik Misi (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Kementrian Pendidikan Nasional) untuk sebanyak 300 orang, Program "I-MHERE" 20 orang, serta PT Perkebunan Nusantara XIII 10 orang.

Saeri menambahkan, tahun lalu sebanyak 1.344 pelamar mengikuti program tersebut dan yang lolos seleksi hanya 33 orang. Penilaian terhadap pelamar beasiswa berdasarkan pada kriteria

  • geografi calon (25 persen)
  • faktor ekonomi (25 persen)
  • akademik (20 persen)
  • prestasi akademik di sekolah (10 persen)
  • prestasi non-akademik (10 persen)
  • motivasi (10 persen).

Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan dana senilai Rp 650 ribu per bulan.

Lebih lanjut Saeri mengatakan, jumlah penerima beasiswa penuh dengan skema yang sama dapat mencapai 20 persen dari total penerimaan mahasiswa baru yang masuk kategori ekonomi terbawah di masyarakat.

"Untuk membantu calon-calon mahasiswa terbaik dari berbagai pelosok Kalbar ini memerlukan peran serta masyarakat agar dapat belajar sampai ke perguruan tinggi," tambahnya.

6 Tanggapan

  1. saya ingin kuliah di universitas tanjung pura ini,,, dan saya sudah mencoba mengikuti program beasiswa outriching ini dari sekolah,,,…
    tapi saya tidak yakin bisa lolos,,, mohon pertolongan n informasinya,,,…
    saya sangat berharap bisa kuliyah di universitas tanjung pura ini,, terimakasih..

  2. saya ingin kuliah ,tapi kondisi perekonomian orang tua saya tidak memungkinkan untuk saya dapat mencapai keinginan saya tersebut

  3. saya sangat ingin melanjutkan kuliah di untan FKIP bahasa inggris.tp tidak mempunyai biaya karena ortu hrs membiayai adik yang lain.dan penghasilan ortu yang tidak memadai……………
    padahal saya sangat ingin melanjutkan ke sana………
    oleh karena itu saya sangat berharap bantuan beasiswa penuh ini……….
    saya harap pertolongan dan informasinya………..

  4. Saya seorang siswa SPK Nias,saya ingin sekali melanjutkan pendidikan saya,tp saya berkendala dgn ekonomi keluarga saya. Saya mohon bantuannya.
    Tolong,saya bgitU ingin kuliah..

  5. keinginan saya sangat besar untuk kuliah tetapi saya sangat ingin mendapatkan bantuan beasiswa dari bapak penyelengara mohon untuk mengabulkan terimakasih atas waktunya.

  6. saya ingin kuliyah dan mendapatkan beasiswa secara full

Tinggalkan Balasan

