Insentif Spesial Buat Guru di Wilayah Terpencil dan Perbatasan

scBS:– Pemerintah berencana akan memberi insentif kepada para guru yang bertugas di wilayah terpencil dan perbatasan. Karir mereka akan dihargai dengan kenaikan pangkat yang dapat dipercepat setiap tahun dan keluarganya yang ikut tinggal diperbatasan dan daerah terpencil diberikan beasiswa.

"Dalam program pemerintah 100 hari, kita akan memberikan insentif kepada para guru yang bertugas di wilayah terpencil dan perbatasan," demikian dikatakan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), M. Nuh dikutip Kompas di Balikpapan, Jumat malam.

"Saat ini sistem pemberian insentif masih dibahas, karena ada dua macam insentif yakni dari segi finansial termasuk gaji dan tunjangan, kemudian insentif kedua adalah karir," ujarnya.

Mendiknas mengatakan bahwa karir para guru yang bertugas di wilayah terpencil atau perbatasan, dapat saja kenaikan pangkatnya lebih cepat setiap tahun. "Selain itu, dapat juga pemberian beasiswa kepada keluarga guru yang bertugas di perbatasan dan terpencil, agar dapat melaksanakan tugas dengan tenang," katanya.

M. Nuh mengatakan pemberian insentif tersebut tidak bersifat stimulatif, tapi terus menerus. Kebijakan lain yang akan dilakukan oleh Mendiknas adalah membangun sekolah di kawasan perbatasan.

"Kebijakan tersebut kita lakukan, agar dalam pendidikan tidak boleh ada diskriminatif atau membeda-bedakan, gara-gara kewilayahan antara desa dan kota lalu tidak punya akses sekolah atau karena status sosialnya itu juga tidak boleh," kata Mendiknas.

"Kami bertekad bersama Dinas Pendidikan kabupaten, kota dan provinsi untuk membereskan sekolah-sekolah yang ada di daerah terpencil dan perbatasan," ujarnya.

Mendiknas mengatakan bahwa dalam waktu dekat, pemerintah akan membangun sekolah di wilayah Kinabalu perbatasan Malaysia – Kalimantan, Indonesia dan saat ini sudah dilakukan pembebasan lahan.

"Sekolah tersebut untuk menampung adik-adik kita yang dari putra-putri Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia," kata M. Nuh.

"Rencananya tahun ajaran ini atau tahun depan sekolah di kawasan Kinabalu sudah dapat dipergunakan," tambahnya.

Namun karena daerah perbatasan cukup luas, tidak semua wilayah akan dibangun sekolah formal, tetapi juga akan dibangun sekolah informal seperti program paket A, B dan C.

"Paling penting adalah adik-adik di perbatasan tidak sampai buta huruf dan belum menikmati pendidikan, itu tidak boleh terjadi," kata Mendiknas.

Iklan

2 Tanggapan

  1. Klo gitu saya Juga Mau ke Perbatasan menjadi Tenaga Pengajar

  2. saya sangat berminat untuk mengajar di daerah terpencil dan perbatasan, tolong tunjukan jalannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s