Soloraya: Warga Jadi Korban Penipuan Calo CPNS

Semarang (scBS)–korban penipuan dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 di Solo, Karanganyar, Klaten dan sekitarnya diduga menjadi mencuat. Beberapa warga ditemukan telah menyerahkan uang puluhaan juta rupiah kepada seseorang calo yang mengaku dekat Gubernur Jateng, Bibit Waluyo. Warga yang tertipu tersebut dijanjikan dapat diterima CPNS, namun ternyata gagal.

“Sedikitnya enam orang telah melaporkan kepada kami, karena telah menyerahkan uang puluhan juta, tapi tak diterima CPNS,” kata Ketua Lembaga Pemantau Penyelenggaraan Negara Republik Indonesia (LP2NRI) M Mustofa ketika dihubungi oleh Solopos di Semarang, Rabu (20/1).

Adapun Modus penipuan itu, jelas Mustofa, seseorang bernama Hartono warga Asrama Militer (Asmil) Laweyan, Solo mendatangi warga serta menjanjikan dapat memuluskan pada CPNS 2009. Untuk meyakinkan warga, Hartono menunjukkan foto dirinya bersama Gubernur Jateng, Bibit Waluyo serta kartu tanda anggota (KTA) Tim Sukses Bibit pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2008 lalu.

Agar korban tambah yakin, Hartono juga mengaku sebagai orang kepercayaan staf khusus Gubernur bernama Umar Dhanu. Tidak hanya itu, ia mengajak para korban ke Kantor Gubernuran di Jl Pahlawan, Kota Semarang, guna menyerahkan uang kepada Umar Dhanu.

“Para korban menderita kerugian antara Rp 50 juta sampai Rp 75 juta, seperti H Sunardji warga Klaten menderita Rp 75 juta. Jumlah korban kemungkinan lebih dari enam orang,” ujar Mustofa.
Lebih lanjut Mustofa menyatakan pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan melaporkan ke aparat Polda Jateng dan Polwitabes Solo.

“Secapatnya kami laporkan ke Polda dan Polwiltabes Solo, karena tempat kejadian perkara (TKP) di Solo,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Hadi Prabowo menyatakan Umar Dhanu telah diberhentikan dari staf khusus Gubernur Jateng dengan Keputusan Gubernur Nomor 821.2/261/2009 tanggal 27 Agustus 2009.

Sedang Hartono yang mengaku orang kepercayaan Umar Dhanu tak terdata baik sebagai (PNS) maupun honorer di lingkungan staf khusus Gubernur. Staf khusus Umar Dhanu bernama Ervan Zainuddin juga telah diberhentikan pada 27 Agustus 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s