Begini Lho Cara Penjahat Bobol ATM Anda

Info Tips (scBS)–Pembobolan rekening nasabah beberapa bank besar di Indonesia marak terjadi dan menjadi headline media beberapa hari terakhir. Sejumlah orang melaporkan saldo rekening mereka hilang entah kemana. Padahal mereka merasa tidak pernah mengambil uang tersebut. Berikut informasi cara pembobolan dan juga tips aman transaksi di ATM.

Menurut Press Release Bank Indonesia bahwa telah terjadi pencurian data kartu ATM melalui proses skimming/taping dan pengintipan PIN oleh phak yang tidak bertanggung jawab. Untuk selanjutnya setelah memperoleh data nasabah, pihak tersebut membuat kartu ATM palsu dan menggunakan ATM palsu untuk mencuri uang pemilik rekening ATM yang asli.

Proses Skimming biasanya menggunakan sebuah alat / perekam data yang di tambah atau ditempel pada mesin ATM. Data nasabah juga bisa dicuri melalui mesin EDC (Electronic Data Capture) yang terdapat diberbagai lokasi merchant. Khusus untuk mesin ATM, perhatikan perbedaan contoh ATM pada mesin ATM gambar 1 diatas dan pada mesin ATM gambar 2.

Pada mesin ATM gambar 2, telah ditempeli sebuah alat skimming.

Gambar 2: http://www.richmondidtheft.com

Dengan alat skimming itu, data ATM nasabah diperoleh dengan mudah. Berdasarkan data tersebutlah kemudian pihak tak bertanggung jawab membuat ATM palsu.

Sedangkan untuk memperoleh nomor PIN nasabah dilakukan dengan cara pengintipan. Salah satu bagian mesin ATM yang perlu diperiksa pada kotak brosur disamping kiri. Biasanya sebuah kamera tersembunyi diselipkan disana. Metode ini banyak mengecoh pemilik yang kurang hati hati dan terburu waktu sehingga tidak punya waktu untuk mengecek mesin ATM.

Gambar 3: http://www.richmondidtheft.com

Pada gambar 4, lihat tanda panah, terdapat lubang kamera tersembunyi.

Gambar 4: http://www.richmondidtheft.com

Pada gambar 5, bila box dibuka alat perekam berkamera seperti yang terlihat.

Gambar 5: http://www.richmondidtheft.com

Tips aman melakukan transaksi di ATM:

  • Perhatikan mesin ATM dilokasi tempat Anda akan bertransaksi. Apakah ada alat yang mencurigakan / menempel pada mesin ATM?
  • Apakah ada kamera tersembunyi (illegal) yang ditempatkan di sekitar mesin ATM.
  • Menutup angka saat memasukkan nomor PIN
  • Alternatif lain dengan memasukkan kembali kartu ATM ke mesinnya seusai melakukan transaksi dan memasukkan nomor PIN lain yang salah untuk mengecoh dan kemudian membatalkan proses tersebut.
  • Jangan jangan pernah berbagi nomor PIN dengan orang lain.
  • Mengganti PIN Anda secara teratur.
  • Dan jangan menggunakan nomor PIN yang mudah ditebak oleh orang lain.
  • Khusus bagi pengguna internet banking, sebisa mungkin dihindari melakukan transaksi di tempat umum (seperti Warnet), dan pastikan Anda telah me-log off setelah melakukan transaksi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s