Pungli di LP Capai Miliaran

JAKARTA – Bisnis liar alias pungli di lembaga pemasyarakatan Indonesian ternyata sangat menggiurkan. Bayangkan saja, menurut Corruption Watch (ICW) menginsyaratkan praktik pungli di LP Cipinang saja, dalam setahun ada sekitar Rp20 miliar uang pungli yang beredar. Wow!

Angka Rp20 miliar itu didapatkan dari hasil penelitian beberapa sukarelawan. Item yang dihitung adalah pungli akses keluar masuk dengan dunia luar, pungli uang lauk pauk, pungutan bebas bersyarat, dan pungli remisi.

Disebutkan, pungli pengunjung dari masuk loket sampai pemanggilan napi itu apabila ditotal selama setahun bisa menghasilkan uang Rp4,8 miliar per tahun. Sementara pungli lauk pauk, misalnya satu napi ditarik Rp150 ribu, selama setahun bisa terkumpul Rp10,8 miliar.

Sedangkan pungli untuk pemberian hak-hak normatif napi seperti izin sakit, remisi, hak untuk berobat, dijenguk keluarga itu juga dikomersilkan. Pungutan pembebasan bersyarat saja selama setahun bisa menghasilkan uang Rp2,8 miliar.

Sedangkan untuk proyek remisi napi bisa dapat uang Rp1,5 miliar per tahun. “Itu baru di LP Cipinang saja. Belum di LP lain. Bayangkan betapa peredaran uang liar di LP sangat besar,” ujar peneliti ICW Illian Deta Artasari di gedung Watimpres, Jakarta, Kamis (14/1/2010).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s