Info Tegal: Guru Swasta Gelar Aksi Mogok Makan

TEGAL – Aksi unjuk rasa yang diikuti 20 orang guru swasta menuntut kenaikan gaji di tegal, Jawa Tengah, makin memanas. Pada Kamis 14 Januari 2010 mereka kompak mogok mengajar, dan kini para guru itu sepakat melakukan aksi mogok makan. Aksi ini dilakukan karena tuntutan mereka belum ditanggapi serius oleh Pemkab Tegal dan DPRD setempat.

Ketua Forum Guru Swasta (Forgusta) Kabupaten Tegal Fatah Yasin mengatakan, aksi mogok makan ini merupakan alternatif terakhir yang ditempuh guru swasta hingga tuntutan kenaikan gaji sebanyak Rp250.000 per bulan dipenuhi.

"Ada 20 orang yang sudah siap mogok makan. Aksi ini efektif dilakukan mulai besok," katanya, Jumat (15/01/2010).

Menurut dia, sesuai hasil pembahasan panitia Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemkab Tegal, besaran dana yang akan diberikan kepada guru swasta masih tetap, yakni sebesar Rp5 miliar. Alokasi itu tidak sesuai dengan aspirasi guru swasta yang menuntut penambahan dana tunjangan dari APBD II sebesar Rp8,3 miliar.

"Kita tetap menolak alokasi dana yang akan diberikan pemkab. Nominal yang akan diberikan itu tidak naik, malah justru turun dari alokasi 2008 sebesar Rp8,2 miliar," tandasnya.

Aksi ribuan guru swasta tersebut ternyata memantik perhatian sejumlah aktivis pendidikan Indonesia, seperti Ketua Koalisi Pendidikan Bambang Wisudo, Hendro dari Serikat Guru Tangerang, dan Kepala Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan.

Mereka sengaja datang untuk menemui dan memberikan dukungan terhadap perjuangan guru swasta. Menurut Bambang Wisudo, tuntutan kenaikan tunjangan yang dilakukan guru swasta sangat wajar, apalagi nilai tuntutan tersebut relatif kecil, yakni sebesar Rp250.000.

"Honor guru swasta ini jauh di bawah kewajaran, bahkan masih kalah dengan penghasilan tukang becak. Padahal, guru merupakan tulung punggung pendidikan," kata Bambang.
(Kastolani/Koran SI) (hana)

Berita Lainnya:

Iklan

Satu Tanggapan

  1. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s