Implementasi Perdagangan Bebas (FTA) ASEAN-China

JAKARTA – Implementasi kesepakatan perdagangan bebas (FTA) ASEAN-China diyakini berpengaruh besar terhadap penetrasi produk China di pasar Indonesia. Angka itu bisa mencapai lebih dari 50 persen. Sebagai akibatnya, harga jual produk-produk impor asal China semakin murah dan tak tersaingi.

Menurut Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Erwin Aksa mengatakan, tingkat penetrasi tersebut akan terus meningkat. Apalagi ditambah semakin membaiknya jalur distribusi dari China ke Indonesia.

"Kapal-kapal dari China ke Indonesia bertambah setiap bulan," ujar dia di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/1/2010).

Itu semua, kata Erwin, menunjukan kian banyaknya barang-barang China masuk ke Indonesia. Terutama untuk beberapa produk yang tidak lagi diproduksi oleh Indonesia.

Saat bertemu dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa siang tadi, Erwin meminta pemerintah untuk mengambil langkah cepat. "Perlu terobosan khusus karena ekspansi China sudah tidak bisa dihindari lagi," kata dia.

Saat ini, menurutnya, jangan lagi mencari solusi untuk bersaing dengan China. Tetapi mencari industri lokal yang tidak bisa disaingi oleh China, misalnya industri berbasis sumber daya alam. Hal ini mengingat kekayaan alam China tidak semegah Indonesia.

Hipmi juga meminta pemerintah membuat cluster-cluster industri di beberapa daerah. Usulan ini sudah ditanggapi dengan menjadikan Kalimantan Timur dan Riau sebagai cluster industri kimia. "Artinya pemerintah harus fokus pada pengembangan industri unggulan di dalam negeri," kata Erwin. (Meutia Rahmi /Koran SI) (hana)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s