Sepenggal Kutipan Wasiat Tuan Guru

"Aduh sayang; memang banyak macam ujian, yang diderita Nahdlatul Wathan, luar dan dalam penuh godaan, selalu lulus dalam ujian. Aduh Sayang; setiap ujian banyak yang lulus, dan ada juga yang nyata lulus, memang begitu Hikmatul quddus, untuk mencapai hasil yang bagus".

Demikianlah kutipan  wasiat “Renungan Masa Pengalaman Tuan Guru yang mengungkapkan perasaannya” yang sempat dingat oleh Menag Ali. Ia menjelaskan pula, melihat betapa besar peranan yang dimainkan oleh Nahdlatul Wathan, maka pertemuan hari ini adalah langkah tepat dalam merealisasikan visi misi yang telah diamanahkan oleh sang pendiri dan sebagai bentuk pengamalan terhadap wasiat-wasiat yang telah ditegaskan beliau baik yang tersurat maupun tersirat.

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisiku adalah mereka yang bermanfaat bagi perkembangan Nahdlatul Wathan dan juga orang yang paling "jahat" di sisiku adalah mereka-mereka yang banyak memberikan kemudlaratan kepada Nahdlatul Wathan," jelasnya.

Terkait dengan Muktamar XII itu, Menag Suryadharma Ali menegaskan bahwa selaku penerus organisasi sangat terletak pada amaliyah yang dilakukannya baik masih dalam bentuk konsep ide ataukah sudah tertuang dalam sebuah rumusan dan tata aturan dan bahkan dapat berupa aplikasi dari sebuah aturan yang disepakati.

“Keberpihakan seseorang dalam melakukan secara serius semua aturan yang telah disepakati berarti dia telah bermanfaat bagi organisasinya,” katanya.

Namun sebaliknya jika tata aturan dan aplikasinya bertentangan dengan apa yang telah disepakati bersama dan membuat aturan sendiri maka dia telah terlibat dalam "perusakan" atau memberi "kemudharatan" bagi kemajuan dan perkembangan Nahdlatul Wathan itu sendiri.

“Potongan wasiat tersebut sangat jelas dan tegas, harus dijadikan landasan dalam melakukan pembaharuan dan perbaikan terhadap organisasi Nahdlatul Wathan agar tidak menjadi persoalan dan masalah yang pada akhirnya dapat merusak perjuangan yang telah digariskan oleh sang pendiri,” katanya mengingatkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s