Siswa Tak Lulus UN Dapat Ikuti Ujian Ulangan

SCBS Lombok:- Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2010 direncanakan akan dilaksanakan mulai 22 Maret mendatang. Ujian Nasional kali ini akan mengalami beberapa perubahan. Namun secara signifikan tetap sama dengan beberapa tahun sebelumnya. Perubahan tersebut diantaranya diadakannya ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus.

Kalau selama ini hal tersebut dikeluhkan banyak anggota masyarakat, anak yang tidak lulus ujian itu mengalami berbagai kendala, tapi dengan adanya ujian ulangan ini mereka akan tertolong untuk dapat lulus. Dalam pelaksanaan UN tahun ini memberikan kemudahan kepada peserta UN, diantaranya bagi siswa yang tidak dapat mengikuti UN sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dengan alasan sakit atau karena halangan sesuatu, dapat mengikuti ujian susulan, sedangkan bagi siswa yang tidak lulus UN, dapat mengikuti ujian ulangan.

Kemudahan inilah yang tidak ada pada tahun sebelumnya dan tahun ini diadakan ujian ulangan. Siswa peserta UN hanya mengikuti ujian ulangan pada mata pelajaran yang tidak lulus saja.

Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA/SMK dilaksanakan pada 22-26 Maret 2010 dan ujian susulan pada 29 Maret 2010, sedangkan ujian ulangan pada 10-14 Mei 2010. Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) UN pada 22-24 Maret 2010, sedangkan ujian ulangan pada 29-31 Maret 2010.

Untuk UN SMP/MTs dan SMPLB dilaksanakan mulai 29 Maret 2010 dan ujian susulan 5 April 2010, sedangkan ujian ulangan 17-20 Mei 2010. Sementara pelaksanaan UASBN untuk tingkat SD/MI dan SDLB pada 4-5 Mei 2010 dan ujian ulangan pada 10-12 Mei 2010.

Mengenai standar kelulusan, rata-rata nilai 5,50 terhadap 6 mata pelajaran yang di UN-kan, minimal nilai 4,00 untuk dua mata pelajaran dan nilai 4,25 untuk dua mata pelajaran lainnya dengan ketentuan nilai mata pelajaran lainnya harus bisa memenuhi nilai rata-rata yang telah ditetapkan. Sedangkan nilai ujian kompetensi bagi siswa SMK harus 7,00.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Semangat buat siswa yg tidak lulus…
    Jangan patah semangat
    😛 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s