Empat Kriteria Kelulusan Ujian Nasional (UN)

Anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BNSP), Teuku Ramli Zakaria, menyebutkan, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menetapkan empat kriteria kelulusan siswa yakni, nilai UN dengan batas minimal 5,50 dan tiga kriteria lainnya ditentukan berdasarkan penilaian sekolah.

Menurut Zakaria, kelulusan yang ditentukan sekolah meliputi penyelesaian seluruh program pendidikan, pendidikan agama dan kepribadian yang baik dan lulus ujian sekolah.

"Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus UN dapat mengikuti ujian ulangan, sedangkan yang tidak lulus penilaian sekolah maka kebijakan ujian ulangan sekolah ditentukan sekolah yang bersangkutan," jelasnya, tadi malam.

Dijelaskan, perubahan tersebut dilakukan untuk mematuhi putusan hukum dalam perbaikan pelaksanaan UN. Tidak hanya itu, lanjutnya, pelaksanaan UN kali ini juga akan melibatkan perguruan tinggi (PT) dalam penggandaan soal hingga pemeriksaan hasil UN (scanning), di samping sebagai koordinator pengawas pelaksanaan UN.

Mengenai, penetapan hasil UN untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Zakaria mengatakan, hal tersebut masih dibahas dalam forum rapat rektor PTN se-Indonesia dan saat ini masih terjadi pro dan kontra tentang hal ini.

"Pak menteri juga masih menerima masukan-masukan dari para rektor PTN tentang hal ini, mungkin di masa yang akan datang sudah bisa ditetapkan karena dapat menghemat anggaran," katanya.

Iklan

2 Tanggapan

  1. salam….!!!
    saya sahabat dari Daerah paling Timur Indonesia yaitu Papua.

    Bagaimana nih kalau kita tidak lulus standar UAN??? sedangkan banyak dari kami-kami yang dari daerah Papua akan melaksanakan pendidikan lanjut di Daerah Luar Papua ( Contohnya : Jawa,dll )
    Terus kalau kami tidak memenuhi standar gimana dong????
    tolong infonya ya…..

    thanks sebelumnya.

  2. Salam persahabatan dari Medan
    Terimakasih telah berbagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s