2010: UMP Sumatera Utara (Sumut) naik 6,6 Persen

Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Utara (Sumut) 2010 dipastikan naik sebesar 6,6 persen dari Rp905 ribu per bulan pada tahun 2009 menjadi Rp965 ribu per bulan di tahun 2010.

Hal ini diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Sumut Rapotan Tambunan kepada wartawan di Medan, Selasa (15/12), UMP Sumut 2010 itu sudah disahkan pagunya oleh Gubsu H Syamsul Arifin SE.

“Pengesahaannya sekitar dua minggu lalu. Saat ini kami sedang menyosialisasikannya ke sejumlah pihak terkait, termasuk ke kabupaten dan kota, karena UMP Sumut 2010 itu mulai berlaku efektif per 1 Januari,” jelasnya.

Sosialisasi ke kabupaten dan kota itu, diakui Rapotan terkait dengan usul atau besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2010 yang bakal dibuat daerah.

“Mekanisme penetapan UMK 2010 oleh daerah itu tidak boleh lebih rendah dari UMP Sumut yang sudah disahkan. Kalau sama, bisa. Tapi kalau kurang tidak boleh,” katanya.

Dari 33 kabupaten dan kota di Sumut, Tambunan mengaku baru Kota Medan yang sudah mengusulkan UMK 2010. Sedangkan 32 daerah lainnya masih terus ditunggu usulan UMK-nya.

“Besaran UMK Medan 2010 yang disampaikan sekitar Rp1,1 juta. Kami berharap kabupaten dan kota lainnya juga menyampaikan hal serupa, sehingga UMK di masing-masing daerah bisa diterapkan pada 1 Januari 2010,” ungkapnya.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. upah minimum naik, tetapi harga kebutuhan juga ikutan naik, jadi gak ada artinya kenaikan upah tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s