2010: UMP Kalteng Naik 13 Persen

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2010 sebesar 13 persen menjadi sebesar Rp986.590 per bulan. Sebelumnya, pada tahun 2009 UMP Kalteng sebesar Rp873.089 per bulan.

"Upah minimum provinsi itu berlaku per 1 Januari tahun 2010 dan semua perusahaan wajib menaatinya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Herry Susanto, Selasa (1/12/09), di Palangkaraya. Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang telah menetapkan
kenaikan UMP itu melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 29 Tahun 2009 tentang UMP dan Upah Minimum Sektoral (UMS) yang ditandatangani 29 Oktober lalu.

Besaran kenaikan UMP tahun ini masih sama dengan tahun lalu yakni sebesar 13 persen. Karenanya, batas UMP Kalteng masih belum dapat mencapai angka di atas Rp1 juta seperti diharapkan sejumlah kalangan.

Khusus untuk upah minimum sektoral tahun 2010, nilai terbesar ditetapkan untuk sektor bangunan serta sektor pertambangan dan penggalian sebesar Rp1.085.250 sebulan. Empat sektor lain, yakni sektor pertanian, peternakan, kehutanan, perburuan, perikanan, industri pengolahan, jasa, dan listrik, gas, dan air ditetapkan sama sebesar Rp1.035.920 sebulan.

Penetapan UMP tahun depan itu, kata Herry, diharapkan lebih realistis sesuai dengan kondisi daerah yang mengacu pada kebutuhan hidup layak. UMP tersebut selanjutnya akan dijadikan dasar pemerintah kabupaten/kota untuk menyusun upah minimum kabupaten/kota dalam waktu dekat dengan besaran minimal sama atau lebih tinggi dari UMP.

"Nanti UMK di tiap daerah akan disesuaikan dengan faktor ekonomi dan sarana-prasarana di masing-masing daerah," kata Herry. Kepada perusahaan yang telah memberi upah lebih tinggi dari UMP, Herry melarang perusahaan menurunkan upah sebagaimana telah diatur Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor Per-01/Men/1999 tentang Upah Minimum (UM).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s