Info TKB Solsel: Tidak Daftar Ulang, Tidak Gugur

Solok Selatan,–Pendaftaran ulang peserta TKB solsel ditutup sampai sore Sabtu (2/1). Bagi peserta ujian tes kemampuan bidang (TKB) susulan seleksi CPNS tahun 2009 di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, yang tidak mendaftar ulang tidak dianggap gugur.

"Daftar ulang hanya untuk mengetahui kebenaran nomor dan peserta ujian dan untuk mengecek tempat duduk," kata Kepala BKD Kabupaten Solsel, Inmart Willy, S.Sn, Sabtu (2/1). "Peserta yang gugur adalah yang tidak ikut ujian," jelas Willy.

Proses pada saat pelaksanaan ujian adalah pengawas kembali melakukan pengecekan nomor ujian dan peserta apakah sesuai dengan foto yang tertera di kartu ujian untuk menghindari kecurangan. Selain membawa nomor ujian, saat pelaksanaan ujian TKB susulan, peserta diwajibkan mengenakan pakaian putih hitam.

Ujian TKB susulan seleksi CPNS di Kabupaten Solok Selatan digelar untuk 15 formasi yang tidak ada naskah ujiannya saat ujian TKB Minggu (20/12) lalu. TKB susulan digelar besok, Minggu (3/1) jam 10.00 Wib. Pemkab setempat hanya menyediakan SMP 3 Solsel (kawasan Padangaro) sebagai lokasi ujian.

Ujian TKB susulan diikuti 197 peserta. Ada 16 formasi yang dinilai bermasalah, saat TKB yang berlangsung 20 Desember 2009 lalu. Berkas soal ujian tidak sesuai, dan beberapa lainnya diterima dalam keadaan robek. Akibatnya, terpaksa dilakukan ujian ulang. Satu diantaranya formasi guru kelas SD sebanyak dua orang.

" Hanya satu sekolah saja yang kita pakai untuk ujian susulan. Bakal digunakan sekitar 10 lokal. Direncanakan, pengumuman hasil ujian tahap dua yaitu 10 Januari," ujar Kepala BKD Solsel, Inmart Welly.

Menurut Welly, dua peserta tersebut harus mengikuti seleksi ulang karena saat pengumuman hasil ujian tahap pertama, nama mereka nyasar ke daftar dari pelamar SMK. Karena nilai mereka memenuhi standar, mereka diikut sertakan untuk melakukan ujian ulang.

" Kita tidak mau merugikan mereka. Jadi mereka kita ajak untuk mengikuti ujian ulang, dengan berkas soal ujian khusus dari UI. Nama-nama peserta yang ikut ujian ulang sudah kita umumkan di media cetak beberapa hari lalu," ungkap Welly.

Sementara itu, ujian TKB bagi 18 formasi yang tidak terbaca belum ada kepastian. Pihak BKD akan berkoordinasi terlebih dulu dengan MenPAN. Welly menegaskan, tahapan ujian CPNS tetap melibatkan kepolisian dan DPRD sebagai pengawas.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Bapak Bupati dan Jajaran….knp nama2 yg lu2s tkb ga di tampilkan dlm srat kbar spt daerah2 lain???klu spt ini masyrkat jd berasumsi ada yang ga bres dg cpns solsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s