Strategi Auto2000 Menghadapi AFTA 2010

Perdagangan bebas Asean Free Trade Area (AFTA) sebentar lagi akan diberlakukan mulai 1 Januari 2010. Komitmen Indonesia untuk tetap mengikuti perjanjian perdagangan bebas ini nampaknya terealisasi. Pada mulanya AFTA dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992. Bagaimanakah nasib para pelaku bisnis terutama tentang nasib industri otomotif Indonesia? Apakah AFTA mengancam kelangsungan dan kelancaran bisnis otomotif Indonesia? Atau dengan kata lain, mampukah Anda bertahan? Berapa persen pasar target mereka? Sederet pertanyaan penting mungkin terlintas di benak Anda.

Tidak dipungkiri, dengan berlakunya AFTA 2010, pasar Indonesia akan dibanjiri produk China, mulai dari tekstil, buah-buahan, bumbu masak, maupun mainan anak-anak, tidak tertutup kemungkinan, industri otomotif juga diserbu produk China. Sebagai gambaran, hingga saat inipun, produk produk China banyak merambah pasar di Indonesia. Mengingat harganya yang lebih murah dan terjangkau masyarakat luas.

Sejumlah pengamat menilai, dengan dibukanya perdagangan bebas, berpotensi membuat BANGKRUT Indonesia. Menyangkut nasib industri otomotif pada tahun 2010 dan strategi yang akan dilakukan, berikut hasil wawancara ekslusif Rakyat Merdeka Online dengan Chief Operation Auto2000, Jodjana Jody, yang berlangusng di kantornya, di kawasan Sunter, Jakarta-Utara, baru-baru ini.

Apa strategi pasar dari Auto2000 menghadapi AFTA? Dan perubahan apa yang terjadi, jika pasar AFTA mulai diberlakukan Januari 2010? Serta berapa persen target pasarnya?

Memang, persaingan yang makin ketat jelas didepan mata, jadi tentunya kami harus memperkuat strengthness point yang kami miliki , antara lain :

Memperkuat pelayanan dengan penambahan jaringan atau network distribusi yang luas, kami juga akan membuka cabang-cabang baru.

Memperkuat layanan aftersales.

Untuk aftersales, selain program bengkel, kami juga melakukan reminder bagi pelanggan, mengingatkan tentang kapan waktunya mereka servis, melakukan follow up setelah pelanggan selesai servis, memberikan diskon tambahan bagi pelanggan yang melakukan booking, diskon bagi member Astraworld card, memberikan layanan servis plus secara gratis (seperti mengisi air accu, radiator, mencuci mobil, dll), menyediakan ruang tunggu dengan beragam fasilitas (ruang yang nyaman dan lengkap, makanan dan minuman gratis bahkan makan siang juga gratis, layanan kursi pijat gratis, dll)

Perlu diketahui pula sistem bengkel Auto2000 online, sehingga historis servis kendaraan pelanggan tercatat dan dapat dilihat diseluruh jaringan Auto2000 nasional. Ibaratnya, medical record, tentunya data perawatan kendaraan jadi lebih jelas dan bagi pelanggan ini menjadi added value karena dapat mempengaruhi resale value kendaraannya saat dijual kembali kelak. Kami menggunakan sistem SAP dan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi bengkel kami.

Bagaimana tanggapan Auto2000 atas kebijakan pajak progresif kendaraan bermotor yang akan berlaku pada 2010?

Sola pajak progresif yang akan diberlakukan, itu sah-sah saja, apabila kondisi industri telah keluar dari krisis. Perlu diketahui, saat ini kondisi perekonomian kita belum sepenuhnya pulih dari krisis global, jadi akan lebih bijaksana, bila ketentuan tentang pajak tersebut dapat ditinjau kembali.

Dibalik itu, kami tetap memandang pajak ini memberikan oportunity baru dimana tren masyarakat sekarang lebih senang mengganti mobilnya dengan mobil baru pada saat masa kredit kendaraannya selesai. Perlu disadari, bahwa life time kendaraan setelah memasuki tahun ke tiga atau sudah lima tahun, biasanya mulai membutuhkan pergantian spare part dan perawatan yang cukup besar, maka dengan adanya program penjualan yang cicilannya terjangkau, kami memprediksi, orang akan banyak yang mempercepat melakukan pelunasan kendaraannya.

Kepercayaan perbankan untuk membiayai pembelian mobil mulai membaik, sementara AFTA mulai berlaku Januari 2010. Semua jenis pajak kendaraan mungkin akan berubah, apakah secara otomatis harga mobil juga turut berubah? Dan apa kebijakan baru Auto2000 untuk mendongkrak volume penjualan, sehubungan dengan kebijakan baru di sektor pajak dan AFTA?

Auto2000 tetap akan konsisten dengan memperbanyak layanan-layanan yang mempermudah pelanggan. Sesuai tagline kami, Auto2000 yaitu: urusan Toyota jadi mudah. Pada prinsipnya, kami ingin memberikan layanan yang mudah, personal dan handal bagi pelanggan kami. Semua serba ada disini. Konsep one stop shopping kami lakukan dengan beragam layanan. Selain itu, kami akan memperbanyak penjualan seperti pada tahun 2009 ini bekerjasama dengan perusahaan partner (TAFS, ACC) yang memberikan kemudahan pembelian seperti cicilan suka-suka dan lain-lain.

Apa keunggulan dan kelemahan pasar otomotif nasional, menghadapi pasar persaingan bebas AFTA 2010?

Keunggulan, terbukanya pasar untuk melakukan eksport, seperti misalnya yang telah dilakukan Toyota dengan Kijang Innova dan Avanza. Sedangkan kelemahannya, persaingan yang semakin ketat, perang harga dan layanan (tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pembeli)

Apa saja yang membedakan Auto2000 dengan dealer Toyota lainnya?

Auto2000 saat ini merupakan main dealer Toyota terbesar di Indonesia, yang menguasai 80 persen dari total penjualan Toyota. Hal ini dikarenakan kami di Auto2000 tidak hanya menjual unit, tetapi juga memberi perhatian dan energi kepada program purna jual, dan selalu menjaga kualitas fasilitas yang ada untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan. Auto2000 berkembang pesat karena memberikan berbagai layanan yang sangat memudahkan bagi calon pembeli maupun pengguna Toyota. dengan slogan “Urusan Toyota jadi mudah.” Auto2000 selalu mencoba menjadi yang terdepan dalam pelayanan. Selain itu, produk-produk Auto2000 yang inovatif seperti THS (Toyota Home Service), Booking service, Body and Paint dengan TPS line, Service Plus, dll mencerminkan perhatian Auto2000 yang tinggi kepada pelanggan.

Berapa banyak dealer dan bengkel yang ada di bawah jaringan Auto2000?

Kami bersyukur, Auto2000 terus berkembang. Bahkan, sampai saat ini, jaringan outlet Auto2000 (V & VSP – excl. BP/FO) berjumlah 137 outlet terdiri dari 67 cabang dan 70 outlet indirect. di lokasi yang strategis di Indonesia. Karena itu kami dapat melayani dan berinteraksi dengan pelanggan kami secara lebih personal, dan masyarakat dapat dengan mudah menemui kami dimana saja untuk melakukan pembelian Toyota. Melihat potensi pasar kedepannya kami masih akan membuka beberapa outlet, dan tentunya selain itu merenovasi cabang kami agar dapat memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan.

Mana yang terbaik?

Kami memiliki standar pelayanan yang sama. Ada pedoman untuk memberikan pelayanan yang kami sebut ASA (Auto2000 Service Architecture), Oleh karenanya kami menyebutkan semua cabang kami harus menjadi cabang yang terbaik di wilayah masing-masing.

Apakah setiap tahun ada pemilihan dealer terbaik?

Ada, hanya saja yang memiliki pemilihan dealer terbaik dilakukan oleh prinsipal kami yaitu Toyota Astra Motor (TAM). Dan atas karunia Tuhan, kami selalu meraih berbagai prestasi, yakni sepanjang tahun 2008:

  1. 2008 Toyota President Award for Auto2000 Raja Basa
  2. 2008 Toyota Best Service Advisor
  3. 2008 Toyota Best Part salesman
  4. 2008 Toyota Best Part Head
  5. 2008 Toyota Service Head§2008 Toyota Indonesia Best Sales Supervisor
  6. 2008 Best outlet Sales Performance category A& C
  7. 2008 Best oulet After Sales Performance
  8. 2008 Toyota Best Branch Manager
  9. 2008 Toyota Indonesia Best Customer Relations Officer

Saat ini kondisi ekonomi kembali bergerak positif, apa strategi Auto2000 di tahun 2010 yang tinggal lima hari lagi?

Kami akan memberikan yang terbaik dan kemudahan bagi semua pelanggan, selain itu juga, memberikan program penjualan yang menarik. Tidak ketinggalan, event-event, baik di showroom cabang Auto2000, mapun di tempat keramaian atau mall, selain kegiatan sales jemput bola kepada pelanggan. Untuk program sales yang menarik, kami bekerjasama dengan mitra bisnis kami TAFS, ACC, mobil 88, juga Garda Oto dan Toyota Insurance. Di Auto2000 kami ingin mempermudah Masyarakat yang ingin membeli Toyota baik cash, kredit maupun tukar tambah, semua kami layani (Total ownership experience). Selain itu, kunci yang terpenting, kami memberikan layanan yang personal.. Segala kebutuhan pelanggan Toyota, akan kami Bantu, mulai dari penjualan sampai layanan purna jual. Ibaratnya salesman dan petugas bengkel kami, seperti seorang advisor bagi pelanggan, sehingga pelanggan menjadi percaya dan membeli Toyota di Auto2000.

Soal program sales, apa yang sedang berjalan?

Program EOP, ”Gratis Asuransi dan bunga rendah, beli Toyota semakin mudah.”

Untuk jangka waktu cicilan satu tahun, bekerjasama dengan TAFS dan ACC, selain itu, Auto2000 memberikan bunga teramat murah, untuk Avanza misalnya, bunga ringan 3,5 persen, sedangkan untuk Kijang Innov, New Rush, Fortuner, bunganya cuma 5 persen.

Saat ekonomi drop, separah apa imbasnya terhadap penjualan mobil di Auto2000?

Memang, efek krisis ekonomi global,pada kuartal pertama 2009, sempat membuat penjualan otomotif nasional melemah, karena masyarakat menunda melakukan pembelian. Karena itu, kami berpikir untuk memberikan program yang menarik dan sesuai dengan kemampuan financial masyarakat. Dan ternyata, pasar menyambutnya secara positif. Jadi, walaupun market otomotif lebih kecil dibanding tahun 2008, Toyota masih menjadi pemimpin pasar lebih dari 40 persen market share otomotif nasional. Auto2000 menyumbang sekitar 80 persen penjualan Toyota nasional. Bahkan, dari Januari s/d November 2009, pencapaian penjualan Auto2000 tahun 2009 all type sebesar 133.018 unit.

Saat ini, Yaris sepertinya terengah-engah dalam penjualan, apa kiat Auto2000 untuk menggenjot penjualannya?

Sebetulnya tidak juga, penjualan Yaris di Auto2000 sampai saat ini masih baik. Waktu semester I, kami sempat melakukan salah forecast dan menyebabkan pasokan rendah, tapi di semester II pasokan sudah banyak dan penjualan meningkat. Terbukti dari penjualan Yaris secara nasional, pada semester I (Januari s/d Juni) penjualan hanya mencapai 2.478, dan pada semester II (Juli s/d November) walau belum akhir tahun sudah mencapai 3.762. Memang ATPM yang lebih gencar dalam membuat program untuk positioning Yaris, seperti Yaris show off (modifikasi contest), aktivitas bersama Yaris Community, dll.

Saat ini, bagaimana bentuk pelayanan penjualan dari Auto2000?

Penjualan atau sales dan express maintenance, yaitu layanan perawatan berkala mobil Toyota untuk kelipatan 10.000, 20.000, 30.000 dan 40.000 km hanya dalam waktu kurang dari 1 jam tanpa biaya tambahan. Saat ini, dapat dijumpai di wilayah DKI Jakarta: Sunter GR (Yos Sudarso), Pluit, Pramuka, Garuda, Kalimalang, Salemba, Cilandak, Jayakarta, Tebet Supomo, Tebet Saharjo, Radio Dalam, dan BSD.

Sedangkan di luar Jakarta, yakni Bandung Soekarno Hatta, Bandung Pasteur, Bandung Asia Afrika, Medan Gatsu, Medan SM Raja, Surabaya Basuki Rachmat, Malang Sutoyo. Dan untuk ke depannya, kami sedang mengupayakan adanya Express Service (detil as attachment) dimana menyerupai EM, tetapi dikerjakan hanya oleh satu orang mekanik, dan keuntungan bagi pelanggan, adalah servis yang cepat tanpa biaya tambahan. Saat ini sedang dalam proses development dan triall (dapat dilihat di cabang Yos Sudarso). Target kami di tahun 2010, seluruh bengkel Auto2000 nasional memiliki stal express service ini.

Saat ini, produk apa yang salesnya paling bagus?

Berdasarkan data penjualan nasional, Avanza masih memegang posisi market tertinggi dibandingkan competitor lain. Walaupun kondisi market berfluktuasi, Avanza tetap menunjukkan kinerja penjualan yang terbaik di kelasnya.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. SELAMAT TAHUN BARU 2010
    dari
    *BULENTIN*
    Mohon maaf bl ada salah. Moga di thn 2010 akan jd lebih baik!
    Salam “gus”!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s