Polda Riau Bongkar Sindikat Calo CPNS

Pekanbaru,–Jaringan sindikat calo untuk penerimaan Calon Pegawai Negari Sipil (CPNS) di Provinsi Riau berhasil dibongkar pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Aksi mereka diduga telah menipu puluhan pendaftar CPNS. Saat ini pihak polda telah menahan dua orang tersangkat yang diduga terlibat sindikat calo CPNS untuk penerimaan pada tahun ini.

Salah satu tersangka Arbain (38) yang berstatus PNS di Dinas PU Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan, satu lagi Yanti (40) berperan sebagai kaki tangan Arbain.

"Tersangka Arbain itu adalah PNS di Dinas PU Inhil dan diduga menjadi otak sindikat calo CPNS," demikian dikatakan Kanit 1 Reserse Kriminal Polda Riau AKP Wawan Setiawan di Pekanbaru, dikutip dari Antara-Sumbar, Kamis kemarin.

Menurut Wawan, kasus ini terungkap dari pelaporan enam orang warga yang mengaku ditipu oleh tersangka dalam pendaftaran CPNS tahun 2009.

"Kami juga mendapatkan barang bukti belasan bukti pembayaran uang yang diberikan korban. Namun, ternyata korban ditipu karena tidak lulus ujian meski sudah membayar," ujarnya.

Wawan menjelaskan, modus yang digunakan tersangka adalah menjanjikan para korban dapat lulus ujian CPNS untuk Sekretariat Provinsi Riau dengan membayar sejumlah uang. Tersangka Arbain mempertemukan para korban kepada Yanti yang ternyata adalah PNS gadungan.

"Kemudian para korban membayar uang "pelicin" ke Yanti mulai dari Rp15 juta hingga Rp75 juta per orang, dengan harapan bisa diterima jadi CPNS," ujarnya.

Dari pengakuan tersangka, lanjutnya, mereka telah berhasil menipu sebanyak 62 orang warga yang kebanyakan berdomisili di Inhil. Dalam penangkapan tersangka, polisi menyita uang tunai sekitar Rp30 juta dan baju dinas yang digunakan untuk mengelabui korban.

"Kami akan terus melakukan pengembangan karena kemungkinan masih ada tersangka lainnya," katanya.

Ia mengatakan para tersangka kini ditahan di Mapolda Riau di Pekanbaru. Keduanya dikenakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan terancam hukuman penjara di atas lima tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s