Tiga CPNS Gunungkidul Wajib Ganti Biaya Ujian

GUNUNGKIDUL– Komitmen Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam proses CPNS tahun ini nampaknya sesuai dengan yang diagendakan. Sebanyak tiga pelamar yang dinyatakan lolos ujian tertulis calon pagawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diharuskan membayar ganti rugi Rp10 juta rupiah kepada Pemda setempat. Mereka diharuskan bayar karena telah mengundurkan diri menjadi CPNS.

"Pemkab Gunungkidul secara resmi memberikan peringatan bahwa bagi pelamar CPNS yang lulus tetapi mengundurkan diri, maka harus membayar ganti rugi penyelenggaraan ujian masing-masing Rp10 juta. Hingga saat ini sudah ada tiga orang pelamar yang mengundurkan diri. Mereka juga sudah membayar ganti rugi kepada pemkab sebesar Rp10 juta," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Perencanaan Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul Khrysna Hariatma di Wonosari, Selasa (22/12) dikutip dari Media Indonesia edisi hari ini.

Pelamar yang mengundurkan diri tersebut salah satu berasal dari Kabupaten Pacitan. Dengan alasan ia juga diterima menjadi CPNS di Departemen Pertanian. "Pelamar tersebut di Gunungkidul melamar sebagai CPNS formasi penyuluh peternakan," katanya. Pelamar lainnya yang diterima sebagai CPNS formasi pranata komputer Pemkab Gunungkidul, juga mengundurkan diri karena diterima sebagai CPNS di Departemen Energi Sumber Daya Mineral. "Dua orang pelamar tersebut sudah membuat surat pernyataan pengunduran diri dan sudah membayar denda melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Cabang Wonosari," katanya. Sedangkan pelamar terakhir yang mengundurkan diri berasal dari Kabupaten Kulonprogo, karena yang bersangkutan juga diterima di Badan Pusat Statistik.

Untuk itu BKD akan segera memproses pengunduran diri para CPNS yang telah lolos ujian tersebut, sehingga kekosongan formasi PNS di lingkungan Pemkab Gunungkidul dapat segera dilaporkan ke Badan Kepegawaian Negara.

"Pelamar yang menyatakan pengunduran diri akan lebih dihargai dari pada mereka yang tidak melapor, namun juga tidak menyerahkan berkas administrasi untuk kelengkapan pengangkatan sebagai CPNS," katanya. Apabila ada CPNS yang dinyatakan lolos ujian dan tidak mengumpulkan berkas administrasi, BKD Gunungkidul akan melaporkan ke BKN. "Ada kemungkinan apabila yang bersangkutan diterima di instansi pemerintah lain, maka BKN akan mencoret keabsahan kelulusannnya. Jadi, mereka tidak bisa mengikuti pengangkatan CPNS Pemkab Gunungkidul maupun di instansi pemerintah lain," tandasnya.

Iklan

4 Tanggapan

  1. Wah jngan kejam2 jangan main denda aja

  2. Asslamungalaikum bpk2 bkd.maf sblmnya saya mhon mf.ingin menanyakan kejelasan nasib dan teman2 yang sampai saat ini blm ada kejelasannya.tentang pemberkasan saya,pemberkasan saya sejak tahun 2008 ktika itu ayah saya msh ada wlaopun sakit2 tan hingga th 2011 tanggal 12 mei ayah sya meninggal sk cpns sya blm keluar.bhkan skarang ini kakak kandung menderita gagal ginjal daan hrus cuci drah 1minggu 2kali dan sakit kmplikasi sk sy tk kunjng keluar.bhkan saudara maryanto yang pemberkasan th 2009 keluar .sama2 penjaga di swasta.mf saya cma pengen sama nasib sya dngan tman2 dari swasta yang dah keluar sknya

  3. Pak saya mau tanya apakah sampai saat ni nasib saya dan 7 orang teman saya gak ada tindak lanjtnya…tentang pemberkasan saya..pas pemberkasan ortuku masih ada sampai ortuq gak ada sk cpnsku gk keluar2.pak mhon dipertimbangkan.7ptt swasta

  4. Kpada bpak2 bkd yang terhormat.sharusnya sblum kash sangsi atau denda .kita lhat alasan mereka mengundurkan deri apa dan mengapa mereka mengundurkan diri tidak main denda gtu aja….wlpun bpak2 bkd bertindak sesui aturan.tpi andai kata suatu saat itu trjadi tuntutan blik atau yang di dnda pihak bkd gemana.krena bnyak skali permasalahan2 yang ada dlam kantor bkd…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s