Pengumuman Hasil Tes CPNS Lampung Tahun 2009

BANDAR LAMPUNG,– Hari ini, SELASA, 22/12/2009, Panitia Penerimaan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Provinsi Lampung akan mengumumkan hasil kelulusan penyaringan beserta daftar nilai. Peserta tes yang lulus akan diumumkan melalui media massa, sementara keseluruhan peserta baik yang lulus maupun tidak lulus diumumkan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi dan kabupaten/kota.

"Saya minta panitia kabupaten/kota mengumumkan nilai tes secara serentak tanggal 22 Desember," kata Sekretaris Provinsi Lampung Irham Djafar Lan Putra dikutip dari harian Lampost edisi 21/12.

Irham Djafar Lan Putra menerima nilai tes CPNSD dari Puskom F-MIPA Universitas Indonesia, pada hari Minggu (20-12). Penyerahan nilai tes berlangsung di ruang Serbaguna FMIPA UI dan dihadiri sekretaris daerah, kepala BKD, dan inspektorat 14 kabupaten/kota. Hadir pula dekan FMIPA UI, Koordinator Pembuatan tes CPNSD Djarwani, dan Direktur Puskom UI Ari Yanuar.

Irham mengatakan pengumuman nilai tes disampaikan melalui media massa dan dipasang di kantor BKD provinsi dan 14 kabupaten/kota. "Pengumuman di media massa hanya nama dan nilai peserta yang lulus," kata Irham. Sementara, keseluruhan nilai peserta akan diumumkan di kantor BKD provinsi dan seluruh kabupaten/kota. "Pengumuman yang ditempel di BKD harus fotokopian nilai tes dari UI yang sudah dilegalisasi," kata dia.

Irham menegaskan tidak akan ada perubahan nilai tes yang akan diumumkan panitia. Apa yang disampaikan UI, itulah yang akan diumumkan. Menurut dia, setelah nilai tes CPNSD diserahkan UI, panitia CPNSD kabupaten/kota akan langsung memproses surat keputusan kelulusan. Sehingga, pengumuman kelulusan baru bisa disampaikan pada 22 Desember. Panitia membutuhkan waktu sehari untuk memproses SK setelah nilai tes diterima dari UI.

"Jika ada kabupaten/kota yang baru mengumumkan hasil tes pada 23 Desember, berarti ada keterlambatan dalam pengurusan SK. Untuk apa kita tahan lama-lama. Akan langsung kami umumkan," ujar dia.

Irham menjelaskan kelulusan peserta tes CPNSD tidak didasarkan pada passing grade. Peserta dengan nilai terbesarlah yang akan diterima. Sehingga, kemungkinan ada perbedaan di beberapa kabupaten/kota. Peserta dengan nilai rendah bisa saja diterima di kabupaten tertenu. Sementara ada yang nilainya rendah tidak diterima di kabupaten/kota lain.

Penyerahan nilat tes CPNSD didahului dengan penyerahan kunci jawaban dalam bentuk digital melalui flashdisk. Kunci jawaban diserahkan koordinator pembuat soal Djarwani kepada Sekprov Lampung. Kemudian Sekprov menyerahkan kunci jawaban kepada Direktur Puskom UI untuk diproses.

Selanjutnya, seorang petugas memproses kunci jawaban ke data lembar jawaban yang sudah dipindai (scanning). Hasilnya adalah peringkat nilai tes CPNSD berdasarkan formasi untuk setiap kabupaten/kota.

Dalam pemrosesan nilai tes, diketahui ada beberapa nilai peseta yang tidak keluar. Hal tersebut disebabkan beberapa peserta lupa mengisi kode soal atau kode pendidikan.

Djarwani menjamin kerahasiaan soal dan kunci jawaban yang dibuat tim UI. Kunci jawaban baru diserahkan ke panitia CPNSD pada Minggu (20-12). Pembuat soal adalah para dosen unggulan dan teladan.

Selanjutnya, ada tim seleksi soal. Tim seleksi dan tim pembuat soal tidak saling kenal. "Soal yang sudah diseleksi, diedit kembali oleh tim yang juga tidak mengenal tim seleksi. Soal dan kunci jawaban dijamin kerahasiannya," kata Djarwani.

Djarwani juga menjamin kualitas soal yang dibuat tim bisa menjaring orang yang bisa menjadi calon pegawai yang bisa menjadi aset pemda. Keberhasilan menjaring CPNSD belum bisa menjadi jaminan orang akan akan menjadi pegawai yang punyai kapasitas bagus. Keberhasilan penjaringan juga ditentukan oleh sistem selanjutnya. CPNSD yang sudah dijaring perlu diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Keberhasilan penjaringan pegawai juga ditentukan pendidikan, latihan (training), dan lingkungan.

Irham juga menegaskan tidak ada hal-hal yang ditutupi oleh panitia tes CPNSD. Panitia berusaha untuk transparan. Panitia juga mengundang para wartawan untuk melihat pemeriksaan LJK dan proses pemeringkatan nilai. "Memang ada anggapan jelek di masyarakat yang tidak menyenangkan. Namun, panitia tetap bekerja secara profesional," kata dia.

Menurut Irham, panitia baru menerima kunci jawaban dari UI. Panitia sama sekali belum memegang kunci jawaban. Ia membantah tuduhan panitia sudah memegang kunci jawaban sebelum pelaksanaan tes CPNSD. "Tidak ada sama sekali yang mau memainkan penerimaan CPNSD," kata dia.

===

Daftar Koran Harian Lampung

Informasi CPNS Lampung Sebelumnya:

Iklan

79 Tanggapan

  1. Silahkan bagi anda yang membutuhkan informasi seputar hasil tes CPNS menuju blog Yanti tukang kerupuk. Semoga bisa membantu anda sekalian.Salam.Yanti

    KLIK DISINI: Blog Yanti

  2. Iya nich, tlong donk tampilin pngumaman cpns lampung !!!

  3. toooooollllllllloooooooooooong doooooooong nama-nama yang lulus cpns d lampung tengah d buka

  4. mana nih hasilnya ko ga muncul2..?

  5. […] Pengumuman Hasil Tes CPNS Lampung Tahun 2009 BANDAR LAMPUNG,– Hari ini, SELASA, 22/12/2009, Panitia Penerimaan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah […] […]

  6. selamat bagi yang diterima…

  7. Mojokerto tanggal 2 Desember. saudaraku gak masuk…

  8. kalau melamar cpns ga diterima uenaknya melamar gadis aja yukkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  9. selamat dan sukses bagi peserta cpns yang lulus moga bahagia selalu

  10. selamat bagi yang kena
    bagi yang gak
    ayo siap-siap berwiraswasta

  11. ini bukan masalah gak m mengumumkan d internetny…kayakny ini pada gaptek deh…..PNS koq hari gini gaptek…..capek deeeh….

  12. hihihi….sbnrnya q jg pgn mrh2,trnyt dah bnyk…gini aja dech..ksh tau,website yg baik ht mau nampung nama sebnyk itu dmn yach..?

  13. apakah cita2q menikah tahun depan tercapai?????? semuax tergantung pada pengumuman CPNS besok di pare!

  14. q sangat berharap lulus tahun ini……………. mauq menikah kodong

  15. mungkin kurang divisi ITnya, makanya buka cpnsd…hihihi….

  16. mana nich hasil pengumuman test cpns lampung

  17. sabar
    sabar
    orang sabar disayang tuhan dan semua orang

    tapi koq lama nian sehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  18. pengumuman lewat media elektronik(internet/online) untuk lampung itu cerita dusta,ne kepala da pusing muter2 ga ketemu?kasihan bagi mereka yang berdomisili diluar lampung!why?

  19. mangnya pengumuman hasil tes cpns lampung ga bisa dilihat dari internet? gmn kalo kita yang ada diluar lampung? tolong dong bantuanny…..thanx full deh kalo mau kasih tau

  20. Coba request ajah kesini :http://kontestan.tekwanmodel.web.id/pengumuman-penerimaan-cpnsd-lampung-2009.html. Ada mbanya mbantuin nyariin nama anda semua…..

    Request nama Anda disitus di atas

  21. yup, gak usah ngedumel. silahkan request ajah sama saya. mudah2an saya bisa bantu mencarikan nama anda atau saudara anda. Memang tidak diumumkan di internet. Salam.

  22. Koq Lampung gitu ya! Gak mau mengumumkan lewat internet? tlg dong kasih tau situs pengumuman hasil tes cpnsd 2009 lampug selatan!

  23. pengumun hasil cpns wonogiri th 2009 manaa…?

  24. ROSMALIA RESMA

  25. Sabar…sabar…

  26. bener bgt tuch, cacian yg bwt bloger. . tp sbnrnya sech manx nyebelin pa lg hslnya ga memuaskn. . betul3x. .

  27. buat semua…..
    kalau marah-marah di blog ini juga percuma. yang punya blog khan cuma berbagi info. kalau belum dibagi di sini berarti yang punya blog belum tahu.

    kasihan blogger-nya, dah berbagi masih dicaci. 😀

  28. mana pengumuman hasil cpnsdnya pak………. apa saya harus keluar uang 120 jt baru ada hasilnya

Komentar ditutup.