Ringkasan Berita Gumi Selaparang 08 – 14 Oktober 2009

SCBS Lombok: — Ringkasan Berita Gumi Selaparang: – Kabupaten Lombok Timur – Nusa Tenggara Barat Minggu ke II tertanggal: 08 s/d 14 Oktober 2009

  1. Sosialisasi Bumi Sejuta Sapi di Lotim
  2. Pahami Etika Birokrasi
  3. 2010 Lotim Dipastikan Kembali Mendapat Dana Pembantuan
  4. Potensi Lobster Di Laut Selatan
  5. Dibuka Penerimaan Formasi Umum CPNSD Lotim Tahun 2009
  6. Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Lombok Timur

Sosialisasi Bumi Sejuta Sapi di Lotim

Program NTB Bumi sejuta sapi, BSS, akan mulai dikembangkan di seluruh Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2010 nanti, dengan target pada tahun 2013 NTB akan mampu menghasilkan minimal satu juta sapi bahkan lebih.

Sebelum memulai program yang diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat NTB tersebut, Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat melalui Tim Program NTB BSS, melakukan sosialisasi di seluruh daerah di NTB.

Kabupaten Lombok Timur sendiri mendapatkan jadwal kunjungan sosialisasi program NTB BSS, senin, 12 Oktober, yang dipusatkan di ruang rapat utama Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur. Pada kesempatan tersebut salah seorang anggota tim program NTB BSS yang berasal dari kalangan akademis, Muhammad Muhzi, memaparkan latar belakang ditetapkannya program NTB BSS.

Keinginan Pemerintah Propinsi NTB untuk menetapkan program NTB BSS menurutnya dipicu oleh sejumlah faktor, diantaranya kondisi alam NTB yang dinilai sangat cocok untuk pengembangan ternak sapi, serta diakuinya kualitas ternak sapi NTB di pasaran. [selvi

Pahami Etika Birokrasi

Kepala Desa dan semua yang masuk dalam struktur Birokrasi diharapkan memahami etika birokrasi. Sehingga tidak ada lagi kerancuaan dan kesalahpahaman dalam melaksanakan tugas dan wewenang masing-masing.

Hal tersebut diantaranya disampaikan asisten satu bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur, H.MUhasim, ketika mewakili Bupati Lombok Timur dalam sambutannya pada pelantikan Kepala Desa Sukadana, Kecamatan Terara, Senin 12 Oktober.

Muhasim menyampaikan,seringkali orang yang telah masuk dalam struktur birokrasi masih tidak memahami etika dalam birokrasi, sehingga tak jarang melakukan tindakan melampaui struktur yang ada diatasnya. Karena itu pula ia meminta kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk menguasai serta memahami peraturan perundangan yang ada, untuk menghindari kekeliruan dalam mengambil kebijakan. Dengan demikian Kepala Desa dapat bekerja secara profesional.

Muhasim juga mengemukakan pentingnya kompetensi, serta mengutamakan kejujuran dalam setiap langkah dan kebijakan yang dikeluarkan. Ia menekankan bahwa kejujuran menjadi salah satu hal yang utama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah dibebankan oleh masyarakat.

Kepala Desa yang baru diharapkan pula dapat mengurangi angka kemiskinan di Wilayah tersebut, serta menempatkan Desa Sukadana pada peringkat yang lebih baik, kaitannya dengan indeks pembangunan manusia, IPM.

Sudah sepatutnya pula masyarakat memberikan dukungan sepenuhnya pada Kepala Desa. Disisi lain Kepala Desa juga harus dapat bekerjasama dengan warganya. [selvi

2010 Lotim Dipastikan Kembali Mendapat Dana Pembantuan

Tahun 2009 Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu dari 10 Kabupaten yang mendapat dana pembantuan dari Depertemen Kelautan dan Perikanan RI. Dana serupa dipastikan akan kembali diperoleh Kabupaten Lombok Timur pada 2010 mendatang.

dikucurkannya kembali dana bantuan dari Depertemen Kelautan dan Perikanan pada 2010 mendatang tersebut,disampaikan langsung Direktur Pemberdayaan Pesisir dan Pulau-Pulau kecil Depertemen Kelautan dan Perikanan RI, Toni Ruchimat, pada acara kegiatan penyerahan bantuan 8 unit mesin ketinting dan 11.200 ekor bibit lobster kepada nelayan di Ujubg Betok Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru.

Menurut Toni, Daerah Pesisir dan Pulau-Pulau kecil di Kabupaten Lombok Timur sangat pontensial untuk dikembangkan karena jumlah pulau di daerah ini cukup banyak dan ditunjang dengan jumlah penduduk yang banyak pula.

Potensi tersebut menjadi salah satu alasan dijadikannya Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu Kabupaten dari 10 Kabupaten lainnya di Indonesia yang mendapat dana pembantuan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil dari Depertemen Kelautan dan Perikanan RI. Dana pembantuan tersebut akan diupayakan Pemerintah Pusat untuk digulirkan secara berkesinambungan, dan Kabupaten Lombok Timur dipastikan mendapat dana serupa pada tahun 2010 mendatang. [selvi

Potensi Lobster Di Laut Selatan

Budidaya Lobster di Kecamatan Jerowaru kini mulai ditekuni masyarkat nelayan di wilayah tersebut, karena lobster memiliki nilai ekonomis tinggi, selain kondisi alam yang mendukung, keuntungan yang diraup dalam sekali panen juga bisa mencapai puluhan juta, salah satunya masyarakat nelayan di sekitar Teluk Jukung Kampung Ujung Betok Desa Pemongkong. Ditempat ini puluhan keramba jaring apung, KJA milik masyarakat, tampak berjejer di sekitar Teluk.

Menurut pengakuan salah seorang pembudidaya lobster, Mamik Bobi, awalnya pembudidayaan lobster di Teluk Jukung Betok, merupakan bantuan Pemerintah Daerah melaui Dinas Kelautan dan Perikanan, namun setelah melihat kondisi alam yang mendukung serta keuntungan yang diperoleh dari budidaya lobster, masyarakat nelayan setempat mulai mengembangkan keramba jaring apung sendiri.

Dalam sekali panen, bisa diperoleh keuntungan hingga puluhan juta rupiah, hasil panen bisa mencapai 25 juta rupiah. Pangsa pasar lobster juga tidak menemui kendala berarti. [selvi

Dibuka Penerimaan Formasi Umum CPNSD Lotim Tahun 2009

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah, CPNSD, dari Formasi umum. Sebanyak 274 CPNSD, terdiri dari Tenaga Guru, Kesehatan dan Teknis lainnya, dari berbagai disiplin ilmu.

Pendaftarannya dibuka mulai 8 Oktober dan ditutup pada tanggal 22 Oktober. Sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 26 hingga 27 Oktober. Sementara tes akademik dilaksanakan pada 8 November mendatang. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengembangan pada Badan Kepegawaian Diklat, BKD Kabupaten Lombok Timur, H.Najamuddin.

Dari 274 formasi yang ada, yang paling banyak dibutuhkan yakni Tenaga Guru sebanyak 182 orang, yang diperuntukkan sebagai guru kelas daerah terpencil, dan guru kelas daerah biasa, serta guru profesi lainnya.

Sedangkan untuk Tenaga Kesehatan, baik perawat, Dokter Umum maupun Asisten Apoteker, serta tenaga kesehatan lainnya berjumlah 86 orang. Sementara untuk Tenaga Teknis yang diperlukan hanya berjumlah 6 orang, dengan formasi Sarjana Hukum, Ekonomi Akuntansi dan Tekhnik Sipil Pengaira, dengan kwalifikasi pendidikan strata satu atau sarjana.

Najamuddin menjelaskan, sedikitnya jumlah kebutuhan CPNSD formasi umum untuk tenaga teknis, yang hanya 6 orang pada perekrutan kali ini, kerena kebutuhan Kabupaten Lombok Timur untuk tenaga teknis telah dapat terpenuhi melalui perekrutan CPNSD dari formasi tenaga honorer daerah, yang telah dilakukan pada September lalu. [selvi

Jum`at, 9 Oktober 2009

Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten Lombok Timur

Undang-Undang Pelayanan Publik yang akan mulai berlaku 18 Juli Tahun 2010 mendatang, mengariskan pelayanan publik tidak boleh asal-asalan. Bila terjadi kelalaian Pemerintah selaku pelayan masyarakat dapat dikenai sanksi mulai sanksi administrasi hingga sanksi pidana.

Hal tersebut disampaikan koordinator tim penilai pusat kinerja Pemerintah Kabupaten Kota terkait pelayanan publik, IManudin, pada sambutannya dalam penilaian kinerja Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, yang berlangsung di ruang rapat utama Kantor Bupati Lombok Timur. Karena itu Pemerintah memberikan anugrah Citra Bhakti Abdi Negara untuk Pelayanan Publik.

Anugerah ini telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2006 lalu. Kali ini Lombok Timur direkomendasikan Tim Penilai Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk penilain tingkat Nasional. Oleh sebab itu menurut Imanudin, untuk Lombok Timur yang lebih maju dan terdepan, utamanya dalam penilaian publik diperlukan adanya pembuktian atas kinerja yang telah direkomendasikan oleh Provinsi Nusa Tenggra Barat itu.

Pada dasarnya Tim Penilai Pusat telah memiliki 75 persen dari data yang dibutuhkan. Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan untuk melakukan klarifikasi dan pembuktian terhadap hal yang telah tertuang dalam data. karena itu selain melakukan diskusi, dan tanya jawab dengan sejumlah SKPD, dilakukan pula kunjungan lapangan, yaitu ke Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Raden Soedjono Selong, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, BPPT, serta Badan Amil Zakat Daerah Lombok Timut. [selvi

==> Beautiful unique Lombok island – West Nusa Tenggara (NTB) information center: news, weathers, current events, hotels accommodation list, lombok trecking, lombok travels, lombok sightseeng. Temukan informasi menarik seputaran Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia..

Visit Lombok 2012: Beautiful unique Lombok island – West Nusa Tenggara (NTB) information center: news, weathers, current events, hotels accommodation list, lombok trecking, lombok travels, lombok sightseeng.

Temukan informasi menarik seputaran Lombok Nusa Tenggara Barat Indonesia..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s